Pembangunan 'Rest Area' di TNK Dihentikan

TrubusNews
Binsar Marulitua
30 Agu 2018   09:06 WIB

Komentar
Pembangunan 'Rest Area' di TNK Dihentikan

komodo (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kepala Balai Taman Nasional Komodo (TNK) Budi Kurniawan mengemukakan rencana pembangunan rest area (tempat peristirahatan) di Pulau Rinca dihentikan sementara karena masih dievaluasi pemerintah pusat.

"Penghentian sementara itu ditandai dengan pembongkaran pagar dan pencopotan plang PT Segara Komodo Lerstari selaku investor yang akan membangun rest area di Pulau Rinca pada hari ini," kata Budi Kurniawan, Rabu (29/8).

"Material bangunan sudah ditertibkan tim investigasi dari pusat bersama sejumlah aktivis," katanya dan menambahkan rencana pembangunan rest area di Pulau Rinca yang ada dalam kawasan TNK itu sebenarnya sudah sesuai aturan dan zonasinya.

Baca Lainnya: Agar Komodo Tetap Eksis, Ini yang Dilakukan TNK

Sebelumnya, rencana pembangunan rest area di Pulau Rinca itu mendapat penolakan dari berbagai kalangan dari warga lokal, aktivis, hingga pemangku kepentingan.

Anggota Komisi V DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur Yohanes Rumat, mengatakan kehadiran investasi itu hanya akan mengancam ekosistem yang merupakan aset utama kawasan wisata yang menjadi habitat satwa purba Komodo (varanus komodoensis) itu.

"Investasi ini bisa merusak ekosistem flora dan fauna Taman Nasional Komodo yang semestinya tetap dilestarikan sebagai aset dan daya tarik wisata unggulan itu," kata Politisi Partai PKB itu secara terpisah di Kupang.

Baca Lainnya: Komodo di TNK Terancam Akibat Cuaca Buruk, Begini Kondisinya

Yohanes mendukung aksi penolakan serupa yang sudah dilakukan para warga yang tergabung dalam Forum Komunikasi Masyarakat Penyelamat Pariwisata Manggarai Barat.

"Siapa pun investornya baik lokal ataupun asing meski ditolak untuk berinvestasi di dalam kawasan wisata Komodo karena akan berdampak buruk terhadap pariwisata unggulan itu," katanya. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Ini 5 Daerah di Jawa Barat dengan Kasus Covid-19 Tertinggi

Peristiwa   11 Agu 2020 - 09:18 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: