Pemerintah Impor Beras, Penimbunan Harusnya Bisa Dicegah

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
29 Agu 2018   17:00

Komentar
Pemerintah Impor Beras, Penimbunan Harusnya Bisa Dicegah

Pasokan beras di Pasar Induk Beras Cipinang (Foto : Astri Sofyanti/ trubus.id)

Trubus.id -- Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Darmin Nasution mengungkapkan, bahwa saat ini total beras impor yang masuk ke RI sudah 1,8 juta ton.

Perusahaan beras merek Hoki, PT Buyung Poetra Sembada Tbk, menyambut baik kebijakan yang diambil pemerintah. Ia menyebut jika sudah memasuki musim kemarau pasokan beras lokal pasti akan kian menurun, jika pemerintah tak mengambil langkah impor beras, harga beras di pasaran bisa kembali bergejolak.

"Saya rasa ini antisipasi karena mau masuk musim panas yang biasanya paceklik. Suplai beras akan berkurang. Kami sebagai pembeli gabah juga menyambut baik," kata Investor Relation HOKI Dion Surijata, di Jakarta, Rabu (29/8).

Baca Lainnya: Bambang Ismawan: Bulog Harus Bisa Mengontrol Harga Beras Secara Efektif

Perusahaan tersebut juga mengeluhkan tingginya harga gabah jika sedang musim kemarau seperti saat ini.

Sementara itu, dikatakan Dion, perusahaan dibatasi penjualannya dengan adanya penerapan harga eceran tertinggi (HET) yang kerap dilakukan pemerintah.

"Jangan sampai kejadian seperti 2017 harga beras sudah tinggi impor baru dilakukan. Kami berharap bisa stabil," ucap Direktur Utama HOKI, Sukarto Bujung.

Sukarto berpendapat, dengan dibukanya keran impor beras, bisa meminimalisir tindakan penimbunan beras yang kerap dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil kesempatan dengan meraup untung sebesar-besarnya.

Baca Lainnya: Mendag: Beras Akan Digelontorkan ke Pasar Sampai Harganya Sesuai HET

Sehingga menurutnya, hal ini akan memberikan kestabilan harga jual beras di pasaran.

"Impor kan masuk ke Bulog enggak ke pasaran. Tapi jadinya yang tahan-tahan jadi takut. Kalau kita pemain yang benar enggak ada masalah," tambahnya lagi.

Seperti diketahui pemerintah telah mengeluarkan tiga kali izin impor beras kepada Bulog. Pertama pada bulan Januari 2018 sebanyak 500 ribu ton, fase kedua 500 ribu dan saat ini sebanyak 1 juta ton. Sehingga total beras impor yang masuk ke Indonesia sampai akhir tahun nanti mencapai 2 juta ton.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: