Ayu Sidan Wilantari dan Ni Made Dwi Yanti , Sudah Kompak Sejak Masih Pelajar

TrubusNews
Astri Sofyanti
29 Agu 2018   16:30 WIB

Komentar
Ayu Sidan Wilantari dan Ni Made Dwi Yanti , Sudah Kompak Sejak Masih Pelajar

Ayu Sidan Wilantari dan Ni Made Dwi Yanti (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pasangan pesilat ganda putri, Ayu Sidan Wilantari dan Ni Made Dwi Yanti, sukses meraih medali emas Asian Games 2018 dari cabang olagraga (cabor) pencak silat. Dua pesilat ini semakin menambah perolehan medali emas untuk Indonesia di Asian Games 2018.

Saat ini Indonesia berada di posisi ke empat dengan perolehan 27 medali emas hingga Rabu (29/8) pukul 14.00 WIB.

Dalam dunia persilatan, nama Ni Made Dwi Yanti dan Sang Ayu Ketut Sidan Wilantari, tak asing lagi. Keduanya  adalah juara dunia silat. Mereka sangat berprestasi di nomor seni ganda putri. Hampir setiap perlombaan yang diikuti berakhir dengan mendapatkan medali emas.

Sebelum Asian Games 2018, mereka telah meraih medali emas Test Event Asian Games, Februari lalu. Pasangan ini juga pernah memenangi Kejuaraan Dunia 2010 dan Kejuaaraan Dunia 2012.

Baca Lainnya: Jonatan Christie, Atlet Muda dan Tampan yang Menyihir Kaum Hawa

Meski begitu, keduanya sempat berpisah selama dua tahun karena cabang pencak silat tidak dipertandingkan di SEA Games 2013 yang digelar di Malaysia.

Mereka berdua dipertemukan kembali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali 2015 di Singaraja, Buleleng. Mereka langsung sabet emas nomor ganda putri. Kemudian, mereka sukses meraih medali emas Pra PON 2016, berlanjut dengan torehan medali emas PON 2016 di Jawa Barat.

Padahal saat itu, Dwi Yanti bertarung dalam kondisi sedang hamil pertama dari pernikahannya dengan Putu Anom Wiraguna.

Usai perhelatan PON 2016, giliran Dwi Yanti yang meninggalkan Sang Ayu Sidan karena hamil hingga melahirkan anak pertamanya, Gede Bagus Dharma Wedana.

Meski tak bertanding, Sang Ayu Sidan masih berlatih setiap harinya. Kemudian setelah Dwi Yanti bisa beraktivitas lagi, pasangan jawara dunia ini pun berlaga kembali.

Baca Lainnya: Puspa Arumsari Sumbangkan Medali Emas ke-13 dari Cabor Pencak Silat

Sebagai juara PON 2016, Dwi Yanti/Sang Ayu Sidan sebenarnya berhak mewakili Indonesia ke SEA Games 2017. Tapi karena Dwi baru melahirkan, semantara Sang Ayu Sidan mengandung anak kedua, posisi mereka kemudian diganti pesilat lain asal Jawa Barat.

Saat seleksi pembentukan tim pencak silat Asian Games 2018 pada November 2017 lalu, Dwi Yanti-Sang Ayu Sidan dipanggil kembali.

Mereka ditarungkan dengan pesilat andalan Jawa Barat yang tampil di SEA Games 2017. Hasilnya, Dwi Yanti-Sang Ayu Sidan keluar sebagai pemenang.

Sampai akhirnya Dwi Yanti dan Sang Ayu Sidan masuk tim inti dan berhasil mempersembahkan medali emas Asian Games 2018 untuk Indonesia. Mereka mengaku sudah kompak sejak mereka masih berstatus pelajar. 

 

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Menkraf Dorong Indonesia Miliki Peta Geospasial Pariwisata

Peristiwa   22 Feb 2020 - 14:25 WIB
Bagikan: