Susi Pudjiastuti: Pembangunan Kemaritiman Sudah ke Arah yang Benar

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
25 Agu 2018   18:00

Komentar
Susi Pudjiastuti: Pembangunan Kemaritiman Sudah ke Arah yang Benar

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa, proses pembangunan kemaritiman di Indonesia sudah menuju arah yang benar karena banyaknya indikator positif di sektor kelautan dan perikanan nasional.

"Buktinya, lebih dari 10.000 kapal asing keluar dari perairan Indonesia, di mana 488 kapal pelaku illegal fishing telah ditenggelamkan," ungkap Susi di Jakarta, Sabtu (25/8).

Dampaknya, peningkatan ekspor terjadi secara terus menerus. Tidak heran jika komoditas perikanan turut andil dalam meraih surplus perdagangan. Ekspor perikanan Indonesia meningkat sebanyak 10 hingga 11 persen, sementara impor mengalami penurunan hingga 70 persen.

Baca Lainnya : Langkah Susi Pudjiastuti Berantas Pecuri Ikan di Lautan, Curi Perhatian Dunia

Susi mengklaim, dalam tiga tahun terakhir neraca perdagangan, Indonesia sudah menjadi nomor 1 di Asia Tenggara dan ikut mendorong deflasi. Konsumsi ikan dalam negeri yang awalnya 36 kilogram per kapita per tahun, terus meningkat hingga 46 kilogram per kapita selama setahun.

"Kalau dilihat dari indikator itu semua, perikanan termasuk sektor unggulan yang kalau dikelola dengan benar, seperti yang Pak Presiden bilang, laut itu masa depan bangsa kita," tegasnya.

Baca Lainnya : Susi Pudjiastuti: Kami Undang Jepang untuk Berinvestasi di Sabang, Natuna dan Morotai

Namun, ada tantangannya. Bagaimana menjaga persatuan dan kesatuan serta mengarahkan generasi bangsa untuk siap bersaing, salah satunya melalui peningkatan konsumsi ikan. Apalagi, di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan globalisasi, di mana sektor perikanan, pariwisata, hingga pertanian bisa menjadi lahan ekonomi kreatif yang bisa menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat, pengusaha, dan UMKM.

Maka dari itu, Susi berencana akan membantu pengembangan usaha kelautan dan perikanan yang dibutuhkan masyarakat, seperti restocking ikan alam atau endemik di perairan dan sungai, budidaya ikan air tawar, serta pengembangan sentra kuliner perikanan. [DF]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: