Petani Karawang Berhasil Mengendalikan Puso Akibat Kemarau

TrubusNews
Binsar Marulitua
25 Agu 2018   08:00 WIB

Komentar
Petani Karawang Berhasil Mengendalikan Puso Akibat Kemarau

Petani di Karawang cukup berhasil mengendalikan ancaman puso. (Foto : pelita karawang)

Trubus.id -- Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan para petani di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, cukup berhasil mengendalikan ancaman puso pada musim kemarau tahun ini.

Ketua Penanggungjawab Upaya Khusus Swasembada Padi, Jagung, dan Kedelai Jawa Barat, Banun Harpini, dalam siaran pers yang diterima Trubus.id mengatakan jika Karawang menjadi salah satu kabupaten di Jawa Barat berhasil melewati musim kemarau tanpa adanya kasus puso.

"Terselamatkannya areal sawah dari ancaman puso pada musim kemarau karena ketersediaan air di saluran irigasi yang cukup," kata Banun.

Baca Lainnya : Capai 725.293 Jiwa Terdampak, Jateng Provinsi Terbesar Kekeringan

Karena itu, Banun berpesan agar petani tetap menjaga dan merawat saluran irigasi agar aliran air tidak tersumbat. Walau begitu, sebanyak 215 hektare sawah di Karawang berpotensi kekeringan ringan yang disebabkan penyumbatan atau aliran irigasi tidak lancar. Beberapa kasus kekeringan terjadi karena sumbatan sampah dan enceng gondok.

"Saya mengimbau para petani dan dinas setempat gotong royong untuk menjaga saluran irigasi," jelasnya.

Baca Lainnya : Kemarau, 20 Kecamatan di Jogja Rawan Kekeringan Ekstrem

Saat kunjungan kerja ke Karawang, Banun mengapresiasi para petani di Desa Pasirtanjung, Kecamatan Lemahabang, yang berhasil memanen padi varietas Inpari 32 dengan produktivitas 10 ton per hektare.

Sebagai salah satu sentra penyumbang produksi beras Jawa Barat dan nasional, Karawang ditargetkan mampu mencapai 1.365.680 ton gabah kering panen atau setara 792.394 ton beras. Di lain pihak, Kepala Dinas Pertanian Karawang, Hanafi, menyampaikan kalau pencapaian produksi padi hingga Juli 2018 mencapai 703.348 ton gabah kering panen. [DF] 
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: