Capai 725.293 Jiwa Terdampak, Jateng Provinsi Terbesar Kekeringan

TrubusNews
Binsar Marulitua
24 Agu 2018   17:45 WIB

Komentar
Capai 725.293 Jiwa Terdampak, Jateng Provinsi Terbesar Kekeringan

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan kekeringan yang melanda di sejumlah Tanah Air saat ini akan mencapai puncak hingga Oktober 2018. Persoalan kekurangan air bersih, kerusakan ekologi, berkurangnya produksi pertanian, kelaparan, munculnya binatang aneh hingga korban jiwa adalah rutinitas yang terjadi tiap tahun terjadi. 

Berdasarkan data terbaru Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sejumlah kabupaten/kota di 8 provinsi yang mengalami kekeringan di Indonesia. Dari 8 provinsi tersebut, Jawa - Tengah menjadi provinsi terbesar kekeringan dengan jumlah 825.959 jiwa terdampak dari 22 Kabupaten/kota.

Baca Lainnya : Sawah Kering karena Kemarau, Petani Lebak Banting Stir Jadi Tukang Ojek Hingga Kuli

Berikut 8 provinsi Terdampak Terbesar Menurut Data BNPB pada Agustus 2018. 

  1. Jawa Tengah Ada 22 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah dilanda kekeringan, di antaranya Kabupaten Magelang, Jepara, Kebumen, Semarang, Wonogiri, Temanggung, dan Grobogan. Total jumlah warga terdampak diperkirakan berjumlah 825.959 jiwa. 
  2. Jawa Barat, ada 13 kabupaten/kota yang mengalami kekeringan di antaranya Kota Tasikmalaya, Bogor, Bekasi, Cirebon, Kabupaten Bandung Barat, Ciamis, dan Cianjur. Total jumlah warga terdampak diperkirakan 725.293 jiwa. 
  3. Nusa Tenggara Barat sebanyak 9 kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat dilanda kekeringan, di antaranya Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Utara, Sumbawa Barat, Sumbawa, dan Bima. Total jumlah warga yang terdampak diperkirakan 527.411 jiwa. 
  4. Di Provinsi Jawa Timur, ada 4 kabupaten/kota yang dilaporkan mengalami kekeringan yaitu Mojokerto, Ponorogo, Trenggalek, dan Magetan. Total jumlah warga yang terdampak diperkirakan 25.327 jiwa. 
  5. Tiga kabupaten di Provinsi DIY yang dilanda kekeringan yaitu Kabupaten Kulonprogo, Gunung Kidul, dan Bantul. Total warga yang terdampak diperkirakan berjumlah 131.693 jiwa.
  6. Di Provinsi Banten, ada 13 kabupaten/kota yang mengalami kekeringan, di antaranya Kabupaten Pandeglang, Serang, dan Kabupaten Lebak. 
  7. Nusa Tenggara Timur ada 11 kabupaten/kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang dilanda kekeringan. Di antaranya Kabupaten Lembata, Sumba Timur, Rote Ndao, dan Nagekeo.
  8. Di Provinsi Lampung, ada 4 kabupaten/kota yang mengalami kekeringan, salah satunya Kabupaten Lampung Selatan. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Presiden Jokowi Siapkan Labuan Bajo untuk Pertemuan G20

Peristiwa   20 Jan 2020 - 17:21 WIB
Bagikan:          
Bagikan: