Kendalikan Rabies, Kementan Siapkan 1,5 Juta Dosis Vaksin Rabies

TrubusNews
Astri Sofyanti
24 Agu 2018   18:30 WIB

Komentar
Kendalikan Rabies, Kementan Siapkan 1,5 Juta Dosis Vaksin Rabies

Kendalikan Rabies, Kementan Siapkan 1,5 Juta Dosis Vaksin Rabies (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menurut data yang dikeluarkan Direktorat Jendera (Ditjen) Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Kesehatan, 2018 ini Kementerian Pertanian mengalokasikan 1.543.700 dosis vaksin rabies untuk daerah tertular. Bahkan stok vaksin yang dimiliki pusat saat ini sebanyak 280.000 dosis.

Saat ini terdapat sembilan provinsi dan beberapa pulau di Indonesia yang telah terbebas dari rabies, diantaranya Kepulauan Riau, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, NTB, Papua, dan Papua Barat.

Salah satu provinsi tertinggi kasus rabies di Indonesia di pegang oleh Sulawesi Selatan dan Kalimantan Barat dengan jumlah masing-masing 22 orang meninggal akibat rabies pada tahun 2017. Sedangkan, Sulawesi Utara menyusul dengan 15 orang, Sumatera Utara 11 orang dan NTT 10 orang.

Baca Lainnya: 200 Ribu Vaksin Rabies Disiapkan untuk Tanggulangi Rabies di Pulau Flores

"Tahun 2018 Ditjen PKH menganggarkan Dana Tugas Pembantuan (TP) sebanyak 1,5 juta dosis dengan nilai anggaran sebesar Rp35 miliar untuk prioritas Provinsi tertular Rabies," kata Fadjar saat di hubungi Trubus.id, Jumat (24/8).

Dana tersebut termasuk alokasi vaksin untuk Provinsi NTT sebesar 250 ribu dosis, beserta komponen pendukungnya dengan nilai mencapai Rp 4 miliar. Selain dukungan dalam bentuk dana operasional.

Baca Lainnya: Positif Rabies, Bocah Tiga Tahun di Sumatera Barat Dirujuk ke Singapura

Untuk itu, Ditjen PKH juga mengupayakan pemenuhan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui Tenaga Harian Lepas (THL) sebanyak 20 orang Dokter Hewan dan 42 orang Paramedik Veteriner untuk membantu pelaksanaan program pembebasan rabies di NTT.

Hal ini karena, cakupan pemberian vaksinasi ditargetkan lebih dari 70 persen populasi anjing untuk pengendalian rabies pada wilayah tertular rabies. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: