Hilangkan Bau Sementara, 4 Hari Sekali Kali Item Disemprot Cairan Mikroba

TrubusNews
Syahroni
23 Agu 2018   22:15 WIB

Komentar
Hilangkan Bau Sementara, 4 Hari Sekali Kali Item Disemprot Cairan Mikroba

Ilustrasi (Foto : Trubus.id/ Hadi Nugraha)

Trubus.id -- Perhelatan olah raga Asian Games 2018 sudah bergulir. Namun demikian, upaya menghilangkan bau di Kali Item atau Kali Sentiong masih terus di lakukan. Hari ini (23/8) saja, untuk kelima kalinya, Kali Item disemprot cairan mikroba.

Sebanyak 5.000 liter cairan mikroba yang diharapkan bisa melenyapkan bau di Kali Item yang mengalir tak jauh dari wisma atlet Asian Games di Jalan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, disemprotkan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) DKI Jakarta. 

Baca Lainnya : KLHK Pasang 4 Alat Nano Bubble untuk Hilangkan Bau Kali Item

"Hari ini kita injeksi mikroba, yaitu 5.000 liter penyemprotan kelima kali, ya. Kita concern menyebar mikroba di kali samping Wisma Atlet ya. Kenapa demikian, karena memang kali ini sangat berpengaruh terhadap bau di daerah sini," ujar Ketua Kagama DKI Jakarta Peduli Lingkungan, Sodiq Suhardianto di lokasi, Kamis (23/8).

Baca Lainnya : Tragis, Kali Item Juga Jadi Momok Asian Para Games Oktober Mendatang

Sodiq meyakinkan, konsep mengurangi bau dengan penyemprotan mikroba ini sangat efektif. Namun mikroba hanya bisa mengurangi bau dalam jangka pendek karena hanya mampu bertahan sampai empat hari. Karena itu, setiap 4 hari sekali Kali Item disemprot cairan yang sama. 

"Cara kerjanya, mereka (mikroba) bekerja mengurai unsur yang menyebabkan bau, seperti H2S, NH3, dan lainnya, itu ditekan termasuk (unsur) yang padat juga diurai. Kenapa bisa nggak bau, karena populasi mikroba ini per mililiter jumlahnya 10 pangkat 8, itu bisa mengurai 100 kubik," ucapnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Menkraf Dorong Indonesia Miliki Peta Geospasial Pariwisata

Peristiwa   22 Feb 2020 - 14:25 WIB
Bagikan: