Dir Pamobvit Polda Maluku Ajak Masyarakat Ibadah dengan Tertib dan Damai

TrubusNews
Syahroni
23 Agu 2018   16:15 WIB

Komentar
Dir Pamobvit Polda Maluku Ajak Masyarakat Ibadah dengan Tertib dan Damai

Jajaran Ditpamobvit Polda Maluku melakukan pengamanan patroli antisipasi gangguan keamanan malam takbiran. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Seperti halnya tradisi umat muslim di Indonesia, jelang Hari Raya Iduladha, takbiran juga digelar di masjid-masid yang berada di wilayah Ambon, Maluku. Di malam perayaan ini juga kerap diwarnai aksi pawai yang diikuti banyak masyarakat.

Dengan mobil maupun motor, masyarakat berkeliling mengumandangkan takbir dan tahmid untuk menyambut kedatangan hari kemenangan. Namun demikian, kondisi ini juga menimbulkan kekhawatiran karena bisa berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.

Untuk itu, sebagai langkah antisipasi, Selasa (21/8) sejak pukul 17.00 WIT, Polda Maluku beserta jajaran menggelar apel kesiapan keamanan secara serentak dan menyebar personil dibeberapa titik yang berpotensi rawan diantaranya terjadi balap liar, pawai dan takbir keliling yang cenderung tidak tertib dan memancing keributan dengan masyarakat yang dilintasinya. 

Baca Lainnya : Festival Teluk Ambon Angkat Keindahan Alam dan Budaya Bahari Rakyat Maluku

Pada apel kesiapan itu, Wakapolda Maluku, Brigjen pol Dr. Akhmad Wiyagus, Sik, Msi, MM didampingi Irwasda dan Para PJU menekankan bahwa Perayaan Iduladha ini mempunyai 2 dimensi utama. Yang pertama, dimensi hubungan Vertikal manusia (umat muslim) dengan Tuhannya Allah SWT.

Sementara yang kedua adalah dimensi Sosial kemasyarakatan dengan berbagi sesama umat, khususnya yang membutuhkan dimana Kita wajib menjaga dan mengamankan prosesi pelaksanaanya agar berjalan baik. 

Dalam mengemban tugas pokok dan fungsi tanggung jawab jabatannya, Dir Pamobvit Polda Maluku, Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan, S.H, S.IK, M.H, ikut berupaya menciptakan situasi kondusif dengan mengerahkan Unit Monitoring Mobile Center Prevention (MMCP) untuk melaksanakan Patroli Dialogis.

Baca Lainnya : Tari Budaya Polwan Cantik Ditpamobvit Polda Maluku Sambut Kedatangan Presiden Federasi Serikat Mikronesia di Ambon

Sasaran Patroli  Pervention Patrol adalah daerah Rawan dan lokasi Takbir di Masjid Al- Fattah, Baiturahman, An-Nur, Bank, Obvitnas dan di beberapa titik yg berpotensi terjadi keramaian.

Untuk itu Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan juga berharap, peserta takbir keliling melaksanakan ibadah mereka khusyuk namun tetap menjaga keamanan dan ketertiban. 

"Mari jadikan malam takbir sebagai momen ibadah," ujar Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: