PVMBG: Gempa Bali Tak Pengaruhi Aktivitas Gunung Agung

TrubusNews
Astri Sofyanti
23 Agu 2018   12:30 WIB

Komentar
PVMBG: Gempa Bali Tak Pengaruhi Aktivitas Gunung Agung

Gunung Berapi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengungkapkan, gempa yang mengguncang Pulau Bali, Kamis (24/8) pagi tadi sama sekali tak mempengaruhi aktivitas vulkanik Gunung Agung yang berada di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem.

"Pascagempa tadi pagi, aktivitas Gunung Agung masih stabil, tidak menunjukkan adanya perubahan kegempaan dari pengaruh tektonik tersebut kalau dilihat dari rekaman alat seismografnya," jelas pengamat gunung api PVMBG Nurul Husaeni, di Bali, Kamis (23/8).

Sementara pengamat dari Bidang Gempa Bumi dan Tsunami PVMBG Cecep Sulaeman mengatakan berdasarkan data dari BMKG, gempa yang mengguncang pukul 05.48 WIB dengan kedalaman 10 kilometer dan berjarak 103 kilometer dari barat daya Denpasar, Bali.

Baca Lainnya: 1 Hari, Terjadi 942 Kali Gempa Gunung Agung

"Pusat gempa bumi ini berada di laut, daerah terdekat pusat gempa bumi tersusun oleh batuan karbonat berumur tersier dan batuan gunung api berumur kuarter," paparnya.

Menurut Cecep, gempa bumi itu dipicu asosisasi dengan sistem zona subduksi antara Lempeng Benua Eurasia dan Lempeng Samudera Indo-Australia.

"Sampai saat ini kami belum menerima adanya laporan mengenai kerusakan dan korban yang diakibatkan gempa bumi ini," tuturnya lagi.

Baca Lainnya: Limpahan Rezeki di Balik Erupsi Gunung Agung Bali

Sementara menanggapi gempa tersebut, PVMBG mengeluarkan dua rekomendasi. Pertama, masyarakat diimbau tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari pemerintah dan pihak-pihak terkait. Di saat yang sama, masyarakat diimbau tidak terpancing oleh isu seputar gempa dan tsunami.

Terakhir, masyarakat diimbau tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan mungkin akan kembali terjadi. Tapi gempa susulan diperkirakan berkekuatan lebih kecil dari guncangan gempa pagi tadi.[KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: