BMKG: Hoax,  Semua Prediksi Kapan Terjadinya Gempa 

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
23 Agu 2018   10:00

Komentar
BMKG: Hoax,  Semua Prediksi Kapan Terjadinya Gempa 

Gempa Lombok (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Daryono mengungkapkan, bahwa taka da satu lembaga yang bisa memprediksi terjadinya gempa bumi.

Hingga saat ini, tidak ada satupun lembaga resmi dan pakar yang kredibel dan diakui mampu memprediksi gempa," terang Daryono kepada wartawan, Kamis (23/8).

Lebih lanjut dikatakan Daryono, hampir seluruh pakar dan lembaga resmi gempa di dunia mengakui bahwa tidak ada yang mampu memprediksi kejadian gempa.

Baca Lainnya: Setelah 203 Kali Gempa Susulan, BMKG Prediksi Gempa lebih Besar Sangat Kecil 

Pihaknya menegaskan, agar masyarakat tak mudah percaya dengan berita yang tak jelas sumbernya terkait prediksi gempa bumi.

‎"Pakar gempa sedunia kini pun sepakat bahwa gempa memang belum dapat diprediksi dengan akurat kapan dimana dan berapa magnitudonya," tambahnya.

Untuk itu, ia berharap, apapun informasi terkait prediksi gempa tidak ditelan mentah-mentah oleh masyarakat.

Selain itu, Daryono juga meminta apabila ada yang menyebarkan informasi terkait prediksi gempa harus dipastikan ulang sumber penyebar info tersebut.

"Ini penting agar informasi yang dikeluarkan dapat direspon balik oleh publik, sehingga lembaga tersebut dapat dihubungi untuk dimintai penjelasan lebih lanjut," ungkapnya. 

Baca Lainnya: Kepala BMKG Pastikan Prediksi Gempa Magnitudo 7,0 Hoax

Dikatakan Daryono, saat ini banyak lembaga resmi penyedia informasi gempa yang sudah diakui, diantaranya, BMKG, USGS (Amerika Serikat), JMA (Jepang), GFZ (Jerman), EMSC (Mediterania), Geoscope, CEA (China).

Oleh karenanya, dia meminta agar publik lebih percaya terhadap informasi yang dipublikasikan oleh lembaga resmi terkait terjadinya gempa bumi.

Kami minta masyarakat untuk tidak terpancing dengan informasi bohong ‘hoax’. Mohon tetap percaya pada akal sehat kita‎," tutup Daryono. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Mentan Amran: Mau Kaya, Jadi Petani!

Astri Sofyanti   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: