OTT Buang Sampah Sembarangan, Ratusan Warga Kena Denda Rp100 Ribu

TrubusNews
Thomas Aquinus
23 Agu 2018   07:00 WIB

Komentar
OTT Buang Sampah Sembarangan, Ratusan Warga Kena Denda Rp100 Ribu

OTT sampah di kepulauan seribu (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kepulauan Seribu mulai menindak tegas warga yang tertangkap basah membuang sampah sembarangan. Ratusan warga yang terkena operasi tangkap tangan (OTT) sampah langsung disidang dan diwajibkan membayar denda.

Kasudin Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu, Yusen Hardiman mengungkapkan, kegiatan operasi tangkap tangan (OTT) itu diberlakukan kepada seluruh warga dan wisatawan yang hendak pergi berlibur ke beberapa pulau di Kepulauan Seribu. 

“Ini pertama kalinya dilaksanakan OTT di Dermaga Marina. Kami pilih Dermaga Marina menjadi tempat OTT karena menjadi salah satu akses wisatawan dari dan menuju Kepulauan Seribu,” kata Yusen.

Baca Lainnya : Indonesia-Jepang Percepat Kerjasama Mengolah Sampah Menjadi Listrik

Warga yang terkena OTT sampah itu disidang di Dermaga Marina Ancol, Pademangan, Jakarta Utara dengan dikenakan denda masing-masing Rp100 ribu.

Denda itu merujuk pada Pasal 130 Perda Nomor 3/2013 tentang Pengelolaan Sampah Jakarta yang menyebutkan setiap orang yang sengaja membuang sampah sembarangan dikenakan denda maksimal Rp100 ribu.

Yusen berharap dengan tindakan ini dapat memberikan efek jera kepada masyarakat sehingga pembuangan sampah menjadi berkurang. Sebelumnya diketahui saat ini sampah di Kepulauan Seribu mencapai 40 ton dimana kebanyakan sampah jenis plastik. 

Baca Lainnya : Rp2,5 Juta, Denda Buang Sampah Sembarangan di Pekanbaru

Untuk mengurangi penumpukan sampah, pihaknya saat ini terus menggencarkan sosialisasi sehingga pelanggaran tidak terjadi lagi. Salah satunya dengan mengajak masyarakat untuk melakukan daur ulang sampah bekas minuman kemasan. Yusen optimis dengan pola ini sampah di Kepulauan Seribu bisa berkurang.

Suprayitno (46), salah satu warga yang terjaring OTT mengaku hanya bisa pasrah setelah tertangkap basah membuang puntung rokok sembarang. Ia pun menerima bayar denda Rp100 ribu.

Hal yang sama juga terjadi pada Yoseph (33) yang juga mengaku terjaring OTT sampah setelah membuang puntung rokok sembarangan. Namun karena Yoseph tidak membawa uang, denda yang dibebankan kepadanya hanya sebesar Rp 50 ribu.

“Cuma tinggal lima puluh ribu ini, tadi sudah habis beli rokok,” ujar Yoseph. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: