Ayam Afkir Jadi Primadona di Serang Jelang Iduladha

TrubusNews
Karmin Winarta
21 Agu 2018   11:28 WIB

Komentar
Ayam Afkir Jadi Primadona di Serang Jelang Iduladha

Ayam potong (Foto : Herlin Saputra)

Trubus.id -- Ayam Petelur Afkir atau yang biasa disebut ayam merah merupakan ayam ras petelur yang sudah tidak produktif lagi untuk bertelur. Namun tetap bernilai ekonomis di mata produsen saat didistribusikan kepasar-pasar tradisional.

Di Pasar Induk Rau (PIR) Kota Serang, Banten contohnya, ayam ini menjadi primadona saat Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) yakni Lebaran Iduladha. Bahkan sampai menyaingi ayam pedaging.

Baca Lainnya: Regulasi Bisnis Ternak Ayam Tidak Berpihak Pada Peternak Kecil

"Jelang lebaran Iduladha, masyarakat lebih memilih ayam merah ketimbang ayam potong biasa (ayam pedaging,red), karena ayam potong sampai saat ini masih tinggi harganya Rp 38 ribu perkilo gram. Sedangkan untuk harga ayam merah saya jual Rp 65 ribu per ekor," ujar Sarnadi salah satu pedagang di PIR, Kota Serang, Banten saat ditemui Trubus.id dilapaknya, Senin (20/8) kemarin.

Info yang berhasil dihimpun, ayam ras afkir memiliki berat tubuh antara 2 kilogram – 2,5 kilogram dan berusia antara 18 – 20 bulan. Kualitas karkas ayam jenis ini relatif kurang baik, karena memiliki kandungan lemak relatif tinggi, meskipun jaringan ikat daging relatif baik.

Baca Lainnya: Ayam Ternak Ternyata Juga Butuh Jamu

Ayam petelur afkir sering disetarakan dengan ayam pedaging, namun ayam petelur afkir memiliki kualitas daging yang rendah, boleh dikatakan kualitas daging yang alot dan banyak kandungan lemak. Dengan kualitas seperti itu, seharusnya konsumen berasumsi untuk tidak membeli ayam ras petelur afkir, tetapi kenyataannya masih banyak masyarakat yang berminat untuk mengkomsumsi.

Sedangkan untuk ciri-ciri ayam afkir,  ayam terlihat tidak semangat dan murung, jengger terlihat kusam bintik-bintik dan kusam. 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

LIPI Dorong Pembentukan Desa E-Commerce

Peristiwa   13 Des 2019 - 15:23 WIB
Bagikan: