Dari 8.000, Hanya 3.000 Rumah di Mataram yang Lolos Verifikasi Bantuan Gempa

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
20 Agu 2018   19:15

Komentar
Dari 8.000, Hanya 3.000 Rumah di Mataram yang Lolos Verifikasi Bantuan Gempa

Rumah rusak akibat gempa Lombok. (Foto : Trubus.id/ Thomas Aquinus)

Trubus.id -- Ribuan unit rumah yang mengalami rusak berat, sedang dan ringan setelah terdampak gempa bumi di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam beberapa pekan lalu, saat ini sudah terverifikasi. Pemerintah pun segera mengirimkan bantuan.

"Sampai hari ini, kegiatan verifikasi kerusakan rumah warga akibat gempa bumi sudah mencapai 90 persen lebih. Jumlah dari data masuk sekitar 8.000 unit," ujar Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Mataram, HM Kemal Islam, di Mataram, Senin (20/8).

Baca Lainnya : Korban Tewas dan Bangunan Rusak Bertambah Akibat Gempa 6,9 SR Lombok Semalam

Ia mengatakan, rencananya kegiatan verifikasi rumah rusak akan dilakukan dalam waktu dua hingga tiga hari. Namun, jumlah laporan rumah rusak bertambah dari angka 5.000 dari data BPBD, menjadi 8.000 unit. Kemudian, setelah dilakukan verifikasi administrasi dan faktual di lapangan, yang dinyatakan lolos hanya sekitar 3.000 unit, yang terdiri dari rusak berat maupun ringan.

"3.000 warga yang rumahnya dinyatakan lolos sudah kita serahkan ke pihak BRI selaku bank yang ditunjuk pemerintah untuk penyaluran bantuan kerusakan rumah warga," imbuhnya.

Baca Lainnya : 2 Gempa Susulan, Rusak 2 Masjid dan Picu Longsor di Kaki Gunung Rinjani

Terkait pencairan bantuan, Kemal menyebut ia tidak mengetahui pasti kapan waktu pemberiannya dilakukan.

"Rencananya bantuan akan diserahkan secara simbolis oleh Presiden Jokowi, kami hanya bertugas menyerahkan nama berdasarkan data-data yang telah terverifikasi," sambungnya.

Ketika ditanya mengenai adanya tambahan rumah rusak akibat gempa susulan pada Minggu siang dan Minggu malam (19/8), Kemal mengakui belum menerima laporan terbaru dari aparat kecamatan maupun kelurahan. [RN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: