Cegah Kepunahan, 433 Ekor Tuntong Laut Dilepasliarkan di Laut Selat Malaka

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
19 Agu 2018   21:30

Komentar
Cegah Kepunahan, 433 Ekor Tuntong Laut Dilepasliarkan di Laut Selat Malaka

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Keberadaan tuntong laut atau yang dalam bahasa laitin dikenal dengan nama Batagur borneoensis kini sudah diambang kepunahan. Di Indonesia, habitat tuntong hanya ada di dua lokasi yakni Seruway, Aceh Tamiang dan Kalimantan saja.

Untuk itu, upaya pelestarian pun dilakukan. Hasilnya, Minggu (19/8), sebanyak 433 ekor tukik (anak tuntong laut) dilepas ke Laut Selat Malaka tepatnya di Kampong Pusong Kapal, Kecamatan Seruway, Aceh Tamiang. 

Tuntong-tuntong ini merupakan hasil penetasan yang dilakukan Yayasan Satucita Lestari Indonesia (YSLI) bekerjasama dengan PT Pertamian EP Rantau, Pemkab Aceh Tamiang dan KSDA Aceh.

Baca Lainnya : Miris, Telur Penyu di Pulau Sangalaki Dirampok Untuk Dikonsumsi

Pelepasan satwa diambang kepunahan ini sendiri dilakukan langsung Wakil Bupati Aceh Tamiang, T Insyafuddin diampingi Manager PT Pertamina Field Rantau, Hari Widodo, Wakapolres Aceh Tamiang, Kompol Nuzir dan Kasdim 0117/Aceh Tamiang, Mayor Aidul Yani dan BKSDA Aceh, Zainal.

Ketua Yayasan Satucita Lestari Indonesia, Yusriono mengatakan, pelepasan tukik tuntong laut ini merupakan program yang direncanakan pihaknya setiap tahun.

"Kita ingin memperbanyak tuntong laut di laut selat malaka Aceh Tamiang yang keberadaanya semakin langka,” ujarnya.

Ia mengatakan, 433 ekor tukik atau anak tuntong laut yang dilepas kali ini berasal dari  40 lobang telur tuntong laut yang ditemukan YSLI dengan 333 telur. Sedangkan sisanya temuan dari Dinas pangan dan Kelautan Aceh Tamiang.

“Telur ini mulai kita kumpulkan sejak Desember 2017 lalu sampai pertengahan tahun 2018,” ujarnya

Ia menjelaskan, 24 ekor tukik yang tidak dilepas ke laut  masih di rumah informasi tuntong laut Kampong Pusong Kapal. Tukik itu dipelihara sebagai pembelajaran bagi wisatawan yang berkunjung ke rumah informasi tersebut.

”Tiga tahun terakhir Aceh Tamiang sudah melepaskan 1.637 ekor tukik tuntong laut,” ujarnya.

Baca Lainnya : Nyaris jadi Santapan, Puluhan Penyu Hijau Selundupan, Dikembalikan ke Lautan

Sementara Manager PT Pertamia EP Rantau, Hari Widodo mengatakan, selain sebagai perusahaan penghasil energi di Indonesia, Pertamina juga ditugaskan untuk pemberdayaan masyarakat dan kelestarian lingkungan.

“Tuntong ini di Indonesia hanya ada di dua lokasi Seruway, Aceh Tamiang dan Kalimantan dengan statusnya hampir punah,” ujarnya.

Dari 433 tukik yang dilepas hari ini yang hidup hanya dua persen, jadi wajar Tuntong ini hampir punah. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: