Kofi Annan, Mantan Sekjen PBB 2 Periode, Tutup Usia

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
18 Agu 2018   23:50

Komentar
Kofi Annan, Mantan Sekjen PBB 2 Periode, Tutup Usia

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Mantan Sekjen Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) ke 7, Kofi Annan, menghembuskan nafas terakhirnya, Sabtu (18/8) pagi waktu setempat. Annan yang sempat menjabat sebagai Sekjen PBB 2 periode, dari tahun 1997-2006 itu dikabarkan meninggal di usia 80 karena sakit mendadak.

Kabar mangkatnya peraih Nobel Perdamaian itu sendiri pertama kali dikabarkan oleh pihak Kofi Annan Foundation. Menurut kerabat dekatnya, pria asal Ghana ini meninggal dunia saat menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di Bern, Swiss. 

"Dengan kesedihan mendalam, keluarga Annan dan Kofi Annan Foundation mengumumkan bahwa Kofi Annan, mantan Sekretaris Jenderal PBB dan Penerima Nobel Perdamaian, meninggal dunia dengan damai pada Sabtu, 18 Agustus, setelah menderita sakit mendadak," demikian pernyataan pihak yayasan seperti dikutip dari reuters.

Annan merupakan keturunan dari keluarga ketua suku di Ghana. Dia mengenyam pendidikan di Ghana dan Macalester College di St Paul, Minnesota, sebelum bergabung dengan PBB tahun 1962 sebagai pegawai level bawah pada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Jenewa, Swiss. 

Annan juga menjadi anggota The Elders, kelompok pemimpin global yang bekerja untuk Hak Asasi Manusia (HAM). Kelompok itu didirikan tahun 2007 dan pada tahun 2013, Annan menjadi ketuanya. 

Kini Annan pergi untuk selamanya dan meninggalkan istrinya Nane dan 3 anak mereka yaitu Ama, Kojo dan Ninsa. Ke 4 orang yang dicintai inilah yang menemani Annan di akhir hayatnya. 

"Istrinya, Nane dan anak-anak mereka, Ama, Kojo dan Nina, ada di sisinya selama hari-hari terakhir," imbuh pernyataan itu. [RN]


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: