Tetap Khidmat Upacara di Tengah Lokasi Kebakaran Hutan Riau

TrubusNews
M Syukur | Followers 0
17 Agu 2018   21:54

Komentar
Tetap Khidmat Upacara di Tengah Lokasi Kebakaran Hutan Riau

Tetap Khidmat Upacara di Tengah Lokasi Kebakaran Hutan Riau (Foto : M Syukur)

Trubus.id -- Tak ada kata libur bagi petugas pemadam kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau pada peringatan kemerdekaan Indonesia ke 73. Mereka tetap bekerja agar Bumi Lancang Kuning nihil titik api, apalagi dua pekan belakangan Karhutla sangat masih terjadi.

Meski disibukkan mengurus kobaran api, pemadam yang tergabung dalam Satgas Karhutla ini tak lupa melakukan upacara bendera. Di tengah lokasi kebakaran, mereka tetap hormat ke merah putih untuk memperingati proklamasi.

"Dengan kondisi seadanya, petugas tetap upacara dan hormat ke bendera di lokasi kebakaran lahan gambut di Kabupaten Kampar. Upacara ini bentuk penghormatan terhadap pahlawan," kata Kepala Daerah Operasi Manggala Agni Pekanbaru, Edwin Putra, di Pekanbaru, Jumat (17/8/2018) malam.

Baca Lainnya: Pendaki Gagal Lakukan Upacara Bendera 17-an di Puncak Gunung Lawu

Upacara ini disebut Edwin hanya berbekal sebatang bambu dan bendera Merah Putih. Upacara HUT Ke-73 RI tetap berlangsung dengan khidmat serta menambah motivasi petugas berjuang menanggulangi Karhutla.

"Keterbatasan ini menambah semangat dan memupuk jiwa nasionalisme untuk terus berjuang memadamkan api," katanya.

Edwin mengatakan, upacara ini dilakukan di Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar. Di sana, ada 20 hektar lahan yang berbatasan dengan Pekanbaru hangus terbakar dalam sepekan terakhir.

Baca Lainnya: Rayakan Kemerdekaan 2.018 Bendera Merah Putih Berkibar di Gunung Bromo

"Saat ini lahan masih berasap dan didinginkan supaya tak terbakar lagi," katanya.

Sementara Wakil Komandan Satgas Karhutla Riau Edwar Sanger memastikan seluruh personel terus berjibaku melakukan pemadaman, meski sejatinya pada 17 Agustus memperingati HUT Ke-73 RI.

"Tidak ada hari libur untuk Satgas Karhutla. Kami tetap bekerja melakukan operasi pemadaman di daerah yang terbakar," kata dia.

Pemadaman kebakaran pada Jumat ini fokus ke daerah pesisir, yakni Kabupaten Rokan Hilir dan Kota Dumai. (M Syukur)

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: