Pendaki Gagal Lakukan Upacara Bendera 17-an di Puncak Gunung Lawu

TrubusNews
Astri Sofyanti
17 Agu 2018   15:00 WIB

Komentar
Pendaki Gagal Lakukan Upacara Bendera 17-an di Puncak Gunung Lawu

Para pendaki Gunung Lawu (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sejumlah pendaki yang akan melakukan upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, gagal akibat terjadi kebakaran di kawasan puncak Gunung Lawu.

Sejak, Jumat (17/8) dini hari banyak pendaki mempercepat pendakian agar bisa sampai ke puncak untuk melakukan upacara bendera. Tapi rencana ini gagal akibat puncak Gunung Lawu dipenuhi kobaran api.

"Saya sedang beristirahat di pos dua ketika seorang petugas datang dan mengabarkan terjadinya kebakaran di pos lima. Para pendaki yang istirahat dan `nge-camp` di situ semua diminta segera turun," ujar Dadang, pendaki asal Madiun di Gunung Lawu, Jumat (17/8).

Baca Lainnya: Rayakan Kemerdekaan 2.018 Bendera Merah Putih Berkibar di Gunung Bromo

Kondisi ini dibenarkan oleh personel TNI, Serka Purnomo yang mendaki puncak Lawu untuk turut melaksanakan upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan, pada 17 Agustus ini.

Dalam kondisi gelap, ia berusaha menghubungi anaknya menggunakan telepon seluler. Tapi usahanya tak berhasil, karena di kawasan tersebut tidak terjangkau sinyal telepon seluler.

"Tadi anak saya bersama delapan orang sudah mendahului saya. Mungkin sudah hampir sampai pos tiga. Ini saya hubungi lewat telepon seluler tidak bisa," ujarnya lagi.

Baca Lainnya: Masih Berstatus Waspada, Petugas SAR Larang Upacara Bendera di Gunung Merapi

Pendaki lain asal Klaten, Jawa Tengah, Tiyok berjalan cepat menjahui pos tiga bersama anaknya.

"Saya melihat para pendaki dari atas pada turun tergesa-gesa sambil mengatakan di pos lima terjadi kebakaran. Maka saya dan anak segera ikut turun," terang Tiyok.

Salah seorang petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan, Wisnu, yang berjaga di gerbang pendakian Cemoro Sewu mengatakan, kobaran api di kawasan pos lima terlihat jelas dari Cemoro Sewu.

"Tadi apinya kelihatan cukup besar dan jelas dari sini," ungkapnya.[KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: