Susi Pudjiastuti: Rayakan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 dengan Jaga Laut

TrubusNews
Astri Sofyanti
17 Agu 2018   14:00 WIB

Komentar
Susi Pudjiastuti: Rayakan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 dengan Jaga Laut

Susi Pudjiastuti (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti mengajak seluruh warga Indonesia menjaga laut dan sumber kekayaan alam pada Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73.

"Saya ucapkan Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-73. Indonesia adalah negara besar, negara dengan lautan, salah satu yang terluas di dunia," demikian disampaikan Susi dalam akun media sosialnya yang dipantau di Jakarta, Jumat (17/8).

Lebih lanjut Susi mengatakan, sudah selayaknya maka seluruh kalangan rakyat di Nusantara untuk dapat bersama-sama menjaga lautan Indonesia yang sehat untuk masa depan bangsa.

Baca Lainnya: Mengharukan, Upacara Kemerdekaan di Tengah Reruntuhan Gempa Lombok

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengajak berbagai kalangan masyarakat untuk mengikuti aksi nasional "Menghadap ke Laut pada 73 Titik" pada tanggal 19 Agustus 2018 untuk melakukan bersih-bersih di kawasan perairan nasional.

"Gerakan Pandu Laut Nusantara ingin mempersembahkan aksi nasional, yang sudah diidentifikasi ada 73 titik, namun bukan berarti kawan-kawan lainnya tidak bisa melakukan di titik-titik lainnya," ungkapnya.

Baca Lainnya: Rayakan Kemerdekaan 2.018 Bendera Merah Putih Berkibar di Gunung Bromo

Gerakan ini, lanjut Susi, dilakukan dengan menghadap laut, guna menunjukkan cita-cita dan menunjukkan kepedulian terhadap kawasan perairan dengan cara memungut sampah terutama plastik dan benda lainnya yang tidak bisa didaur ulang oleh alam.

"Saya mengimbau kepada semua bangsa Indonesia, rakyat Indonesia, anak-anak muda Indonesia yang menginginkan Indonesia menuju poros maritim dunia dan menjadikan laut masa depan bangsa, bersama-sama Pandu Laut menghadap ke laut pada 19 Agustus 2018 jam 15.00 WIB di 73 titik dan di titik-titik lainnya seperti di sungai boleh, di danau pun juga boleh," paparnya lagi.

Aksi ini juga untuk mengingatkan berbagai pihak mengenai bahaya sampah plastik di lautan. Selain itu, Indonesia juga telah berkomitmen untuk mengurangi 70 persen sampah plastik di lautan pada 2025 mendatang.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: