Cegah Karhutla, Sumsel Akan Buat Ratusan Sumur Bor dan Sekat Kanal Baru

TrubusNews
Syahroni
15 Agu 2018   21:45 WIB

Komentar
Cegah Karhutla, Sumsel Akan Buat Ratusan Sumur Bor dan Sekat Kanal Baru

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) merupakan salah satu kawasan yang rawan mengalami kebakaran hutan dan lahan. Di wilayah itu, lahan gambut yang mudah terbakar di saat kemarau seperti saat ini luasnya mencapai 1,7 juta hektare.

Tahun 2015 lalu, kebakaran hebat juga pernah terjadi di wilayah ini. Dampaknya, 700 ribu hektare lahan ludes terbakar. Karena itulah, agar peristiwa tidak terulang, sarana dan prasarana antisipasi karhutla terus ditingkatkan.

Baca Lainnya : 180 Hektare Hutan dan Lahan di Sumsel, Ludes Dilalap Si Jago Merah

Yang terbaru, dalam waktu dekat ini Pemerintah Provinsi Sumsel akan membangun ratusan sumur bor dan sekat kanal baru di kawasan lahan gambut yang rawan karhutla. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Sumsel, Edward Chandra mengatakan, rencana itu akan direalisasikan tahun 2018 ini. Sebanyak 277 titik sumur bor akan dibangun di Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Musi Banyuasin dan Banyuasin.

Baca Lainnya : Nekat Bakar Lahan untuk Pertanian, Petani di Sumsel Dijebloskan ke Tahanan

"Pembuatan sumur bor ini merupakan bagian dari kegiatan pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Sumur bor ini bisa dipakai untuk pembasahan lahan dan sekaligus support kebutuhan air bagi tim operasi darat," jelasnya, Rabu (15/8).

Ia menambahkan, selain sumur bor, pihaknya juga akan membuat sekat kanal. Untuk itu, pemerintah berencana membuat 604 sekat kanal.

"Untuk di Sumsel, sumur bor dan sekat kanal baru dilaksanakan tahun ini melalui mekanisme tugas pembantuan, nanti hasilnya akan didata dan dipetakan," katanya lagi. [RN]


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Pemerintah Miliki 20 Alat PCR Covid-19

Peristiwa   08 April 2020 - 14:34 WIB
Bagikan:          

Kabupaten Siak Panen Raya Padi Gogo Seluas 12 Hektare

Peristiwa   08 April 2020 - 12:55 WIB
Bagikan: