Stok Hewan Kurban di Biak Mencapai 2.000 Ekor 

TrubusNews
Binsar Marulitua
14 Agu 2018   21:30 WIB

Komentar
Stok Hewan Kurban di Biak Mencapai  2.000 Ekor 

Ilustrasi (Foto : Trubus.id/ Herlin Saputra)

Trubus.id -- Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Kabupaten Biak Numfor menjamin, persediaan dan kesehatan 2.000 hewan kurban untuk memenuhi kebutuhan umat Islam menyambut hari raya Iduladha 10 Dzulhijah 1439 Hijriah.

"Stok hewan kurban sapi dan kambing di Biak Numfor masih sangat terpenuhi. Sesuai data terakhir jumlah sapi dimiliki peternak mencapai 2.000 ekor," kata Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan I Made Suaryadana di Biak, Selasa (14/8).

Baca Lainnya : Jabar Terjunkan 200 Petugas Kesehatan Cek Kondisi Hewan Kurban

Made mengatakan, setiap tahun menyambut hari raya Iduladha permintaan kebutuhan sapi untuk kurban dari warga muslim akan meningkat. Untuk mengantisipasi permintaan sapi kurban, lanjut Made, pihaknya telah membentuk satuan tugas untuk pengawasan kesehatan hewan ternak kurban.

"Tim pengawas kesehatan hewan kurban Dinas Pertanian Biak akan disebar ke berbagai takmir masjid untuk memeriksa kelayakan ternak yang akan dipotong pada saat hari raya Iduladha," jelasnya seperti dikutip Antara. 

Baca Lainnya : Distan Banten Temukan Puluhan Ternak Berpenyakit di Lapak Pedagang Kurban

Made mengakui setiap tahun dipastikan ada penambahan hewan ternak sapi dari hasil budidaya pengembangan ternak serta program bantuan ternak dari pemerintah. Ia tidak menampik kemungkinan terjadi peningkatan harga sapi untuk kurban lantaran tingginya permintaan untuk kebutuhan hari raya.

Berdasarkan data yang ia miliki, harga sapi kurban menjelang H-7 lebaran di Biak mencapai Rp19 juta per ekor ukuran sedang dan Rp22 juta untuk sapi ukuran besar. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: