GAK Aktif di Level Waspada, Wisatawan Dilarang Berada di Radius 2 Km

TrubusNews
Syahroni
14 Agu 2018   21:15 WIB

Komentar
GAK Aktif di Level Waspada, Wisatawan Dilarang Berada di Radius 2 Km

Gunung Anak Krakatau. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau (GAK) di perairan Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung masih terjadi. Statusnya pun kini sudah berada di Level II (waspada). Untuk itu, siapapun, termasuk wisatawan dilarang berada dalam radius 2 km dari kawahnya, Selasa (14/08).

Dalam informasi tertulis yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang meneruskan hasil pengamatan dan laporan serta rekomendasi aktivitas GAK Kementerian ESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Anak Krakatau hingga saat ini terus dilakukan pemantauan secara intensif perkembangan gunung api di dalam laut ini.

Baca Lainnya : Aktivitas Vulkanik Meningkat, Cagar Alam dan Cagar Alam Laut Pulau Krakatau Ditutup

Namun laporan terbaru hingga Selasa sore ini belum disampaikan. Tapi berdasarkan laporan aktivitas GAK hingga Selasa pagi tadi, kondisi gunung dengan ketinggian 305 mdpl ini menunjukkan cuaca cerah dan berawan. Hembusan angin bertiup lemah ke arah Utara, dan Barat Daya, dan Barat. Suhu udara 22-31 derajat Celsius, kelembapan udara 67-97 persen, dan tekanan udara 0-0 mmHg. 

Baca Lainnya : PVMBG Perluas Jarak Aman Wisatawan Gunung Anak Krakatau Hingga 2 Km

Secara visual, kondisi gunung terpantau berkabut dengan level 0-III. Asap kawah tidak teramati. Visual malam baik langsung maupun dari CCTV tertutup kabut. Pun demikian, ombak laut juga terpantau tenang.

Menurut laporan petugas Pos Pantau Gunung Anak Krakatau, Windi Cahya Untung, kondisi kegempaan menunjukkan letusan berjumlah 53 kali dengan amplitudo 14-43 mm berdurasi durasi 15-73 detik. Kemudian embusan berjumlah 47 kali, amplitudo 3-26 mm, durasi: 8-45 detik. Kegempaan vulkanik dangkal terjadi sebanyak 25 kali dengan amplitudo 4-22 mm berdurasi 3-13 detik. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Ini 5 Daerah di Jawa Barat dengan Kasus Covid-19 Tertinggi

Peristiwa   11 Agu 2020 - 09:18 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: