Jabar Terjunkan 200 Petugas Kesehatan Cek Kondisi Hewan Kurban

TrubusNews
Astri Sofyanti
14 Agu 2018   15:00 WIB

Komentar
Jabar Terjunkan 200 Petugas Kesehatan Cek Kondisi Hewan Kurban

Calon hewan kurban (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menjelang Hari Raya Iduladha, 22 Agustus 2018 mendatang, Pemerintah Jawa Barat mulai mengerahkan 200 petuas kesehatan untuk memeriksa kondisi kesehatan hewan kurban.

Penjabat Gubernur Jawa Barat M Iriawan di Bandung, Selasa (14/8) mengatakan, 200 petugas kesehatan ini diterjunkan untuk memastikan masyarakat membeli hewan kurban dengan kondisi sehat saat disembelih.

Baca Lainnya: Distan Banten Temukan Puluhan Ternak Berpenyakit di Lapak Pedagang Kurban

Lebih lanjut dikatakan Irwan, tim pemeriksa kesehatan hewan kurban tingkat provinsi ini meliputi dokter hewan, mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Padjajaran dan IPB, serta petugas Kantor Wilayah Kementerian Agama.

"Jadi kita harus mengetahui betul hewan itu sehat atau tidak, terjangkit penyakit atau tidak. Itu tentunya di kabupaten/kota juga demikian sehingga nanti hewan kurban yang diterima masyarakat itu betul-betul bermanfaat sesuai dengan penggunaannya," ungkap Iriawan.

Untuk itu, pihaknya berpesan kepada tim pemeriksa kesehatan hewan kurban tingkat provinsi agar menunaikan tugas dan kewajibannya dengan baik.

Baca Lainnya: Iduladha 2018,  Kementan Prediksi Kebutuhan Hewan Kurban Capai 1,5 Juta Ekor

"Barometernya adalah pada 2017 tidak ada masalah, artinya tidak ada permasalahan kesehatan hewan kurban yang mencuat. Berarti benar mereka bekerja dengan maksimal," lanjutnya lagi.

Selain petugas pemeriksa tingkat provinsi, dikatakan Irwan, ada juga tim pemeriksa kesehatan hewan kurban tingkat kabupaten/kota.

"Sejauh ini tim terus melakukan pemeriksaan-pemeriksaan terhadap hewan kurban. Jadi mereka semua sudah bergerak. Hewan-hewan kurban yang sehat menurut hasil pemeriksaan petugas akan ditandai dengan kalung,” tutupnya.[KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: