Hanya 6 Rumah yang Tersisa di Kampung Adat Megalitikum Gurusina

TrubusNews
Thomas Aquinus | Followers 2
14 Agu 2018   12:00

Komentar
Hanya 6 Rumah yang Tersisa di Kampung Adat Megalitikum Gurusina

Kebakaran di kampung adat Gurusina (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sebanyak 27 rumah adat di Kampung Gurusina Desa Watumanu Kecamatan Jerebu'u, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT) sekitar pukul 17.00 Wita habis terbakar dilalap api, Senin (13/8). Di Kampung Gurusina teresbut terdapat 33 rumah adat dan hanya 6 rumah yang tersisa.

Salah satu tokoh adat, Paulus Suri (55) mengungkapkan dirinya kaget saat kebakaran itu terjadi. Menurutnya saat kejadian berlangsung, warga kaget dan panik karena api begitu cepat melalap rumah adat di obyek wisata favorit itu.

"Kami kaget karena tiba-tiba dengar bunyi bambu, teriak warga itu masih satu rumah yang terbakar tepat di pintu masuk dibagian kiri masuk Kampung Surisina. Kami langsung lari saat itu dan melihat api persis di bubung rumah di atap alang-alang," kata Paulus.

Baca Lainnya : Hutan Rakyat Dekat Perkampungan Warga di Ponorogo Ludes Terbakar

Saat kejadian, Paulus mengungkapkan banyak warga masih berada di kebun dan tidak sempat menyelamatkan barang yang ada dalam rumah-rumah.

"Kami satu kampung tapi ada yang masih di kebun, ada yang masih di tempat kerja. Sebagian orang saja menyelamatkan satu rumah yang dihuni oleh orangtua yang tidak bisa sendiri keluar rumah. Jarak antar rumah itu hanya tiga meter saja. Sehingga api begitu cepat melalap rumah lain," kata Paulus.

Baca Lainnya : Warga Jakarta Harap Tenang, Banjir Kampung Melayu Mulai Surut

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT Marius Ardu Jelamu mengungkapkan, saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Ngada dan Kementerian Pariwisata.

"Ini kampung megalitikum yang banyak dikunjungi wisatawan terutama yang berasal dari mancanegara, sehingga kita berharap bisa segera dibantu oleh Kementerian Pariwisata," ucapnya. [NN]

 


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: