Jelang Iduladha, Pemkot Jogja Awasi Kurban Hingga Gratiskan Penyembelihan di RPH

TrubusNews
Ihsan Maulana
13 Agu 2018   20:15 WIB

Komentar
Jelang Iduladha, Pemkot Jogja Awasi Kurban Hingga Gratiskan Penyembelihan di RPH

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menjelang Hari Raya Idul Adha yang akan tiba sepekan lagi, Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Giwangan Kota Yogyakarta, akan memberikan layanan tanpa dipungut biaya.

"Bagi panitia kurban yang sudah mendaftarkan untuk memotong hewan kurban di RPH Giwangan, tidak dikenakan tarif retribusi pemotongan hewan," kata Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Sugeng Darmanto baru-baru ini.

Baca Lainnya : Mau Berkurban? Hindari Membeli Sapi Pemakan Sampah

Ia menambahkan, sebanyak 170 petugas gabungan juga disiapkan untuk memeriksa daging hewan kurban, yang berasal dari Dinas Pertanian dan Pangan, dan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Kemudian, pihaknya juga menyiapkan tiga kendaraan angkutan daging, untuk membawa daging kurban ke tempat-tempat tujuan di Kota Yogyakarta secara gratis.

"Pendaftaran hewan kurban oleh panitia kami layani pada hari kerja minimal 12 jam sebelum pemotongan di posko idul qurban RPH Giwangan," lanjutnya.

Di sisi lain, pihaknya telah membentuk tim pemantau hewan kurban, mulai dari pasar hewan, kandang hingga lokasi pemotongan. Hal ini dilakukan untuk memastikan proses pemotongan berjalan sesuai standar.

Baca Lainnya : Tahun Ini, Jumlah Hewan Kurban di Sleman Meningkat Hingga 10 Persen

Nantinya, petugas akan memberikan label yang dikalungkan ke leher hewan, apabila hewan tersebut dinyatakan sehat dan layak potong. Sugeng menegaskan, ini dilakukan demi menghindari risiko penularan penyakit.

Untuk pedagang yang mendatangkan hewan dari luar kota Jogja, ia mengimbau para pedagang meminta surat keterangan kesehatan, untuk memastikan hewan tersebut sehat saat masuk ke Kota Yogyakarta. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: