Sepekan Jelang Asian Games 2018, Begini Penampakan Kali Item

TrubusNews
Astri Sofyanti
12 Agu 2018   23:00 WIB

Komentar
Sepekan Jelang Asian Games 2018, Begini Penampakan Kali Item

Kali Item di Kemayoran. (Foto : Trubusid/Hadi Nugroho)

Trubus.id -- Seminggu jelang Asian Games 2018, salah satu hal yang masih menjadi sorotan masyarakat ialah kondisi Kali Item yang ada di Kemayoran, Jakarta Pusat. Sebagaimana diketahui, wisma atlet yang terletak tepat di depan kali yang dahulu bernama Sentiong ini sudah terlihat rapi, meski aliran air keruh masih mengaliri.

"Saat ini, bau Kali Item sudah tidak separah waktu itu," kata salah satu anggota Dishub DKI di Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (12/8).

Meski begitu, ia tak menampik jika masih banyak sampah di kali tersebut. Petugas PPSU alias pasukan oranye masih mengangkat sampah-sampah dari kali untuk dikumpulkan sementara di satu titik.

Baca Lainnya : KLHK Pasang 4 Alat Nano Bubble untuk Hilangkan Bau Kali Item

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta memasang waring untuk mengurangi evaporasi sehingga menghambat bau tak sedap. Selain itu, melakukan kerja sama dengan Kementerian PUPR untuk mengalirkan air Kali Item ke Kali Sunter. Pemasangan nano bubble pun telah dilakukan.

“Tadi malam, Kementerian PUPR kembali ke Kali Item dan menebar mikroorganisme. Penggunaan mikroorganisme dalam bioremediasi bertujuan untuk mengurai polutan dalam air yang akan bekerja perlahan mematikan semua bakteri penyebab bau," ungkap Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane, Bambang Hidayah.

Bahkan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ikut andil. Bersama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), KLHK memasang nano bubble di Kali Item. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: