Ribuan Pengungsi Lombok Masih Butuh Tenda dan Matras

TrubusNews
Astri Sofyanti
12 Agu 2018   20:00 WIB

Komentar
Ribuan Pengungsi Lombok Masih Butuh Tenda dan Matras

Pengungsi akibat gempa yang terjadi di Lombok. (Foto : Dok.BNPB)

Trubus.id -- Ribuan pengungsi gempa Lombok masih berlindung di tenda-tenda terpal beralaskan plastik.

"Kami butuh tenda, terpal dan matras," kata Sahril, pengungsi di Dusun Wadon, Minggu (12/8).

Bersama keluarganya, Sahril tidur di bawah terpal biru. Ia mengatakan jika ratusan tenda beragam warna didirikan di berbagai tempat. Semakin ke utara, pusat gempa, banyak tenda didirikan warga lantaran masih banyak yang takut pulang ke rumahnya. Apalagi, gempa berkekuatan 7 SR menghancurkan 90 persen rumah warga.

Pengungsi yang tidur di tenda-tenda di Wadon menuturkan jika kebutuhan sehari-hari mereka masih terpenuhi. Itu karena, mereka sempat membawa beberapa makanan seperti beras, mi instans, dan peralatan dapur dari rumah. Namun, mereka khawatir jika tempat tinggalnya belum bisa didirikan karena adanya pergerakan tanah ratusan kali gempa.

Baca Lainnya : Korban Jiwa Gempa Lombok Terus Bertambah, Masa Tanggap Bencana Diperpanjang

Hingga Sabtu (11/8), jumlah korban meninggal dunia sudah mencapai 390 orang. Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB, Sutopo, mengatakan jika korban tersebar di Kabupaten Lombok Utara (334 orang), Kabupaten Lombok Barat (30 orang), Kabupaten Lombok Timur (10 orang), Kota Mataram (sembilan orang), Kabupaten Lombok Tengah (dua orang) dan Kota Denpasar (dua orang).

Korban luka-luka tercatat 13.688 orang. Pengungsi tercatat 387.067 jiwa tersebar di ribuan titik. Ratusan ribu jiwa pengungsi tersebut tersebar di Lombok Utara (198.846 orang), Kota Mataram (20.343 orang), Lombok Barat (91.372 orang) dan Lombok Timur (76.506 orang). [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: