Kian Meluas, Tim Gabungan Dikerahkan untuk Memadamkan Karhutla di Singkawang

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
12 Agu 2018   21:00

Komentar
Kian Meluas, Tim Gabungan Dikerahkan untuk Memadamkan Karhutla di Singkawang

Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kebakaran hutan dan lahan (kathutla) yang terjadi di Kelurahan Pangmilang, Singkawang Selatan, Kalimantan Barat, kian meluas. Untuk memadamkan api, tim gabungan dari Manggala Agni, BPBD, TNI, Polri dan masyarakat dikerahkan.

"Kami masih berupaya untuk melakukan pemadaman," ungkap Kepala Daerah Operasi Manggala Agni Singkawang, Yuyu Wahyudin di Singkawang, Minggu (12/8).

Sejak Sabtu (11/8), kebakaran lahan gambut terjadi di Kelurahan Pangmilang dan Kelurahan Pajintan. Hingga saat ini, lahan yang terbakar di Pangmilang mencapai delapan hektare, sementara di Pajintan tujuh hektare.

Baca Lainnya : Cegah Karhutla, Kapolda Riau Berharap Hujan Selalu Turun Jelang Asian Games

"Dari 8 hektare yang terbakar di Pangmilang, tim gabungan baru berhasil memadamkan 1,5 hektare. Sisanya masih dalam upaya pemadaman. Sementara di Kelurahan Panjintan, api sudah berhasil kami padamkan," terang Yuyu.

Sejumlah peralatan yang digunakan untuk pemadaman kebakaran lahan di Kelurahan Pangmilang antara lain satu unit mobil patroli, satu unit mobil slip-on tangki, dua unit kendaraan roda dua VIAR, dua unit mesin Max3, dua unit selang pengantar, dua buah selang hisap, tiga buah Nozzel Max3, dan satu buah Nozzel bujur. Untuk itu, pihaknya berharap jika kebakaran lahan di Kelurahan Pangmilang dapat diatasi agar tidak menimbulkan dampak yang merugikan masyarakat.

Baca Lainnya : BMKG: Sulawesi Utara Berpotensi Terjadi Karhutla

Di musim kemarau seperti ini, kebakaran lahan terus terjadi di Kota Singkawang, hampir terjadi setiap hari. Menurut Yuyu, pihaknya belum mengetahui pasti penyebab kebakaran serta sumber api yang mayoritas lahannya milik warga sekitar.

"Lamanya pemadaman memerlukan waktu enam jam lebih karena lahan yang terbakar cukup luas," tuturnya. [DF]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: