KLHK Pasang 4 Alat Nano Bubble untuk Hilangkan Bau Kali Item

TrubusNews
Syahroni
11 Agu 2018   19:00 WIB

Komentar
KLHK Pasang 4 Alat Nano Bubble untuk Hilangkan Bau Kali Item

Kali Sentiong, Kemayoran, Jakarta Pusat. (Foto : Trubus.id/ Hadi Nugroho)

Trubus.id -- Berbagai upaya dilakukan pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk mengatasi masalah bau dan kumuh Kali Item atau Kali Sentiong, Kemayoran, Jakarta Pusat. Hal yang sama juga dilakukan pemerintah pusat melalui Kemenkerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Yah, untuk mengatasi masalah bau, KLHK melalui Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan akhirnya memasang alat nano bubble di Kali tersebut, Sabtu (11/8).

Baca Lainnya : Kali Item Jelang Asian Games 2018, dari Waring Hingga Tahu dan Tempe

Tak tangung-tanggung, sebanyak 4 alat plasma nano bubble di pasang di Kali Item. Padahal sebelumnya, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga telah memasang dua plasma nano bubble di Kali itu. Kini total ada 6 nano bubble yang dipasang di Kali Item.  

"Pemasangan dan pengoperasian plasma nano bubble yang dilakukan Ditjen PPKL Kementerian LHK diharapkan dapat memulihkan kualitas air dan ekosistem Kali Sentiong dalam waktu singkat," ujar Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan. MR Karliansyah di lokasi.  

Ia menerangkan, teknologi plasma nano bubble yang dipasang adalah alat penghasil gelembung plasma ukuran nano yang dapat mengurangi bau dalam waktu singkat. Cara kerjanya, gelembung nano berupa ozon dan oksigen diinjeksikan ke kolom air sungai. 

Baca Lainnya : Atasi Bau Busuk di Kali Sentiong, LIPI Terjunkan Lutor

Ozon, lanjut dia, bisa mengurai bakteri penyebab bau dan zat organik, membunuh bakteri patogen, menambah kadar oksigen terlarut, dan menghidupkan bakteri aerob. 

"Saya berharap (pemasangan alat) mencapai jumlah plasma nano bubble yang memadai," katanya.  

KLHK sendiri menargetkan memasang 20 alat nano bubble di sepanjang kali Sentiong. Namun, Karliansyah belum dapat memastikan waktu pemasangan sisa alat tersebut. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: