Mau Berkurban? Hindari Membeli Sapi Pemakan Sampah

TrubusNews
Syahroni
10 Agu 2018   22:15 WIB

Komentar
Mau Berkurban? Hindari Membeli Sapi Pemakan Sampah

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sebentar lagi, Hari Raya Iduladha akan segera tiba. Dan seperti biasa, mendekati Hari Raya ini, banyak pedagang hewan kurban yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan.

Namun demikian, buat anda yang ingin membeli hewan kurban, ada baiknya lebih selektif dalam memelilih hewan kurban yang akan anda beli. Pasalnya, bukan tidak mungkin, hewan kurban pemakan sampah yang anda beli.

Baca Lainnya : Waspadai Wabah Antraks, Pemkab Karawang Awasi Penjualan Hewan Kurban

Hewan kurban pemakan sampah memang wajib dihindari. Apalagi jika sampai disembelih dan dagingnya dikonsumsi. Karena itu, anda perlu mengetahui ciri-ciri sapi yang memakan sampah agar tidak salah membeli hewan kurban.

Untuk itu, Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan Kabupaten Tasikmalaya, Apep Saepulrahmat menerangkan, sapi pemakan sampah bisa dikenali dari fisiknya.

Menurutnya, setidaknya ada 3 ciri-ciri yang jelas untuk mengidentifikasi hewan kurban pemakan sampah. Yang pertama, sapi pemakan sampah ini memiliki perut yang buncit. Menurut Apep, sapi sampah memiliki perut buncit karena dipenuhi makanan sampah yang tidak bisa dicerna.

Baca Lainnya : Mau Beli Hewan Kurban? Hindari Sapi yang Bulunya Berdiri

"Kami minta masyarakat lebih paham akan sapi yang berpakan sampah dan lebih waspada. Biasanya, ciri yang paling gampang diketahui adalah perut yang lebih buncit,” ujar Apep beberapa waktu lalu.

Kedua, ditemukan makanan yang tidak bisa dicerna dalam perut sapi pemakan sampah usai disembelih. Apep juga menjelaskan, jika sapi sampah dipotong, maka di perutnya sering ditemukan makanan yang tidak bisa dicerna, seperti bahan plastik dan metal.

Ciri yang ketiga adalah bau menyengat dari perut sapi yang sudah dipotong. Menurut Apep, pemahaman masyarakat akan bahaya sapi sampah tersebut dinilai perlu segera disosialisasikan. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: