Cegah Penyimpangan, Pengawalan dan Pendampingan Dana Desa 2019 Akan Diperketat

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
10 Agu 2018   15:15

Komentar
Cegah Penyimpangan, Pengawalan dan Pendampingan Dana Desa 2019 Akan Diperketat

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kepala Biro Hukum dan Organisasi Tata Laksana, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Undang Mugopal menyebutkan, pengawalan dan pendampingan dana desa di tahun 2019 akan lebih diperketat dari sebelumnya.

"Ya, jadi pengawalan dan pendampingan dana desa pada 2019 akan diperketat. Kami juga bekerja sama dengan Kejaksaan Agung dalam pendampingan dan pengawalan dana desa," papar Undang dalam siaran pers yang diterima awak media di Jakarta, Jumat (10/8).

Baca Lainnya : Kemendes: Gunakan Dana Desa untuk Rehabilitasi Wilayah Korban Gempa Lombok

Ia menambahkan, sejauh ini kerja sama antara Kemendes dan Kejaksaan telah berlangsung dengan baik. Tim Pengawal Pengaman Pemerintah dan Pembangunan (TP4) daerah juga telah melakukan perannya memberi pengawalan pendampingan hingga desa di daerah pelosok.

Meski ditemukan penyimpangan dalam penyerapan dana desa, ia mengklaim, jumlah penyimpangan secara nasional yang ada kurang dari satu persen dari keseluruhan dana desa, yang diberikan pemerintah pusat.

"Dari 74 ribu sekian dana desa yang tersalurkan, jumlah penyimpangan sudah kurang dari satu persen. Tapi tetap kami perketat pengawasan dan pendampingannya," paparnya.

Baca Lainnya : Bangun NTT, Kementan Kolaborasi dengan Kementerian PUPR dan Kemendes

Sementara itu, Direktur Pengamanan Pembangunan Strategis Kejaksaan Agung, Ranu Mihardja menjelaskan, pengawalan dan pendampingan kejaksaan untuk dana desa akan lebih diperketat.

Selain memberikan upaya sosialisasi bersama Kemendes PDTT, Kejaksaan Agung juga terus melakukan koordinasi internal kejaksaan, untuk melakukan pengawalan pendampingan dana desa.

"Itu semua untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan ya. Dalam pengelolaannya kepala desa juga harus terbuka dan transparan," tandasnya. [RN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: