BNPB: 259 Korban Tewas Gempa Lombok Sudah Terverifikasi

TrubusNews
Syahroni
09 Agu 2018   22:00 WIB

Komentar
BNPB: 259 Korban Tewas Gempa Lombok Sudah Terverifikasi

Rumah yang runtuh akibat gempa 7,0 SR di Lombok. (Foto : Trubus.id/ Thomas Aquinus)

Trubus.id -- Bencana gempa bumi yang melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat menelan korban jiwa yang tidak sedikit. Menurut Badan Nasional Penangulangan Bencana, total korban jiwa yang tercatat hingga Kamis (9/8) petang, jumlahnya sudah mencapai 259 orang. 

"Hingga pukul 17.00 WIB (H+4), jumlah korban meninggal dunia akibat gempa 7 SR yang mengguncang NTB dan Bali adalah 259 orang meninggal dunia," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada wartawan, Kamis (9/8).

Baca Lainnya : Korban Meninggal Gempa Lombok Jadi 131 Orang, Evakuasi Terus Dilakukan

Sutopo memerinci korban tewas itu terdiri atas 212 orang di Kabupaten Lombok Utara, 26 orang dari Lombok Barat, 11 orang dari Lombok Timur, 6 orang di Kota Mataram, 2 orang dari Lombok Tengah, dan 2 orang dari Kota Denpasar.

Meski demikian, Sutopo menegaskan, jumlah ini masih jumlah sementara. Pasalnya, diduga masih ada korban lain yang belum berhasil dievakuasi. Jumlah 259 orang meninggal dunia sendiri adalah korban yang sudah terverifikasi.

Baca Lainnya : Kementerian PUPR Kerahkan Tambahan Alat Berat Bantu Evakuasi Korban Gempa Lombok

Sementara itu, korban luka berat yang terdata kini sudah mencapai 1.033 orang. Para korban ini kini masih dirawat disejumlah rumah sakit dan puskesmas. 

"Pengungsi sebanyak 270.168 orang tersebar di banyak tempat. Jumlah pengungsi ini juga sementara karena belum semua pengungsi terdata baik," tambahnya lagi. 

Sedikit berbeda dengan data yang dimiliki BNPB, Gubernur NTB terpilih, Zulkieflimansyah justru menyebut kalau data korban tewas akibat gempa Minggu (5/8) lalu sudah mencapai 381 orang. Data ini dihimpun oleh Pemprov NTB yang diperbarui pada Rabu (8/8) kemarin, pukul 15.00 Wita. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: