Biopet Solusi Pemanfaatan Ladang Gambut

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
09 Agu 2018   10:00

Komentar
Biopet Solusi Pemanfaatan Ladang Gambut

Lahan Gambut (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyatakan Biopeat adalah solusi pemanfaatan lahan gambut menjadi lahan perkebunan tanpa proses pembakaran.

"Ini telah diuji coba selama 8 tahun, ini solusi kalau mau menanam enggak usah dibakar tapi dengan menaburkan Biopeat," kata Kepala BPPT, Unggul Priyanto di Riau, Rabu (8/8)

Ia mengatakan Biopeat akan membakar keasaman tanah gambut sehingga bisa digunakan untuk menanam berbagai jenis tumbuhan. Selain itu, Biopeat juga mengandung unsur pupuk yang dapat membuat buah yang dihasilkan lebih manis dibanding tidak menggunakan Biopeat.

"Masalah kebakaran lahan gambut, dengan adanya diseminasi ini, bisa jadi satu solusi. Masyarakat butuh untuk kehidupan ekonomi lebih baik," kata dia.

Baca Lainnya: Peneliti Prancis Sulap Lahan Gambut di Sumsel Jadi Energi Terbarukan?

Dia optimistis inovasi itu bisa diterapkan di daerah lainnya, termasuk Kalimantan yang memiliki banyak lahan gambut yang belum dapat dimanfaatkan.

Priyanto mengatakan Biopeat siap dikomersilkan, dan  BPPT sedang mengurus sertifikasi penggunaannya agar sesuai dengan standar tersendiri.

Kepala BPPT itu mengatakan, harga jual Biopeat relatif terjangkau karena diolah dari limbah.

Sementara itu, Kepala Riset PT RSUP yang bekerja sama dengan BPPT, Lilik Qusairi mengatakan Biopeat bukan sekadar pupuk, melain layaknya obat untuk membenahi masalah gambut. Biopeat mampu meningkatkan kadar pH tanah dari rata-rata 3 hingga 4 menjadi 5.

Baca Lainnya: Kebun Raya Lahan Gambut Terbesar di Indonesia Hari Ini Diresmikan

Ia mengatakan waktu mengolah lahan gambut menjadi lahan siap pakai menggunakan Biopeat juga relatif singkat.

"Hanya dalam 2 minggu, tanaman siap ditanam," kata dia.

Direktur PT RSUP, Tay Ciatung mengatakan pihaknya terus melakukan inovasi-inovasi baru, agar industrinya bisa bertahan. Inovasi Biopeat digunakan untuk memberdayakan masyarakat dalam memanfaatkan lahan gambut.

Meski dianggap berhasil, namun Ciatung mengatakan masih mempertimbangkan untuk mengkomersilkan Biopeat.

"Ini kontribusi kami untuk masyarakat, bentuk sosial kami," kata dia seperti dikutip Antara. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: