Wisma Hijau Panen Jahe Emprit Organik di Ruang Terbuka Hijau

TrubusNews
Karmin Winarta | Followers 0
07 Agu 2018   18:00

Komentar
Wisma Hijau Panen Jahe Emprit Organik di Ruang Terbuka Hijau

Panen Jahe di Wisma Hijau (Foto : Karmin Winarta)

Trubus.id -- Idealnya memang setiap bangunan, baik gedung perumahan atau perkantoran harus mempunyai Ruang Terbuka Hijau (RTH). Sesuai UU No. 26 th 2007 setiap kota harus mempunyai minimal 30% RTH. Hal ini menjadikan Wisma Hijau tempat yang asri dan nyaman.

 Ruang Terbuka Hijau di lokasi Wisma Hijau biasa dimanfaatkan sebagai ruang diskusi, mini-games, garden party untuk ulang tahun dan pernikahan, pameran, dan tentunya sebagai space untuk foto bersama dengan latar belakang hijaunya rerumputan dan pohon.

Baca Lainnya: Wisma Hijau, di Usianya ke-21 Ingin Roh Social Enterprise-nya Semakin Kuat

Selain itu Ruang terbuka Hijau (RTH) yang dimiliki Wisma Hijau yang berlokasi di Jl Mekarsari Cimanggis ini dimanfaatkan untuk taman, melestarikan pohon-pohon langka maupun dimanfaatkan untuk menanam tanaman apotik hidup. Beberapa diantaranya adalah sayuran terong, sawi, cabe rawit, sereh, kencur, pandan, jahe emprit dan lainnya.

Selasa (7/8) Tim Wisma Hijau memanen salah satu tanaman apotik hidupnya, yakni jahe (Zingiber officinale var. Amarum.). Tanaman rimpang ini ditanam di dalam polibag di aera RTH. Kurang lebih seratusan polibag yang telah ditanami jahe beberapa bulan lalu itu kini waktunya untuk memanen.

Baca Lainnya: Pentingnya Ruang Terbuka Hijau di Sekitar Kita

Jenis jahe yang ditanam adalah jahe emprit atau juga dikenal dengan jahe putih atau jahe sunti. Jahe dikenal memiliki banyak khasiat. Selain dipakai untuk bumbu masak, jahe juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat minuman. Salah satunya adalah minuman sekoteng, minuman khas Jawa tengah yang biasa disajikan pada malam hari.

Menurut Dian Permana dari Wisma Hijau, jahe emprit di Wisma Hijau ini adalah tanaman organik. Sejak ditanam sampai panen, jahe ini hanya dipupuk dan dirawat dengan pupuk organik. Sehingga jahe emprit  ini jauh dari residu pestisida dan bahan kimia lainnya. Tentu lebih sehat.

Selanjutnya, jahe emprit organik ini akan disajikan untuk menjamu para tamu pada event-event tertentu dalam bentuk minuman. 

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: