Gelar Rakornas KPH,  KLHK Berharap Pengelolaan Hutan Dapat Sejahterakan Masyarakat

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
07 Agu 2018   11:30

Komentar
Gelar Rakornas KPH,  KLHK Berharap Pengelolaan Hutan Dapat Sejahterakan Masyarakat

Sigit Hadwinarto, Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan KLHK, saat memberikan sambutan di Rapat Koordinasi Pembangunan Kesatuan Pengelolaan Hutan di Jakarta, Selasa (7/8). (Foto : Trubus.id/ Binsar Marulitua)

Trubus.id -- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar Rapat Koordinasi Pembangunan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta pada 7 hingga 9 Agustus 2018.

Rapat koordinasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman, mengidentifikasi, dan mereview permasalahan, hambatan, dan tantangan terkait implementasi KPH.

Rapat koordinasi ini diharapkan bisa mewujudkan komitmen terkait penguatan kelembagaan dan keberlanjutan operasional KPH dalam rangka implementasi dan program pembangunan prioritas nasional untuk pemanfaatan hutan perlindungan, rehabilitasi hutan, perhutanan sosial, kemitraan lingkungan, penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, serta pelaksanaan TORA (Tanah Objek Reformasi Agraria).

Baca Lainnya : Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan ke-22 Fokuskan Sampah Plastik

"Ini sebenarnya merupakan Rakornas tahunan di mana setiap tahun kita mengevaluasi kegiatan terkait KPH," kata Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan KLHK, Sigit Hadwinarto di Jakarta, Selasa (7/8).

Sigit menjelaskan jika rapat ini merupakan agenda tahunan yang dilakukan untuk mengevaluasi seluruh kegiatan KPH. Melalui rapat ini, koordinasi antara KPH yang ada dengan pihak-pihak terkait bisa terjalin untuk memperkuat kelembagaan KPH dan memperjelas keberlanjutan operasionalnya.

Baca Lainnya : Indonesia Berkomitmen Capai Sasaran Kehutanan Global

Saat ini, menurut Sigit, terdapat sekitar 532 unit KPH, baik itu Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) dan Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP). Namun, baru sekitar 321 KPH yang telah memiliki kelembagaan. Di sampung itu, ada 147 Kawasan Pengelolaan Hutan Konservasi dan baru 64 yang sudah memiliki kelembagaan.

Rakornas ini akan diikuti oleh sekitar 600 peserta, termasuk para Kepala KPH, Kepala Dinas Kehutanan seluruh Indonesia, akademisi, pemerhati lingkungan dan pihak terkait lainnya. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: