BNPB : Basarnas Telah Evakuasi 2700 Wisatawan Tiga Gili di Lombok

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
07 Agu 2018   07:50

Komentar
BNPB : Basarnas Telah Evakuasi 2700 Wisatawan  Tiga Gili di Lombok

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas, BNPB Sutopo Purwo Nugroho (Foto : Binsar Marulitua)

Trubus.id -- Tim Gabungan SAR yang di koordinasi oleh Basarnas berhasil melakukan evakuasi 2000 sampai 2700 wisatawan terdampak gempa Lombok, NTB. Jumlah tersebut mencakup wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara yang berlibur di Gili Terawangan, Gili Meno dan Gili Air.  

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas, BNPB Sutopo Purwo Nugroho Mengatakan semua wisatawan di evakuasi menuju Pelabuhan Bangsal, Lombok Utara. Setelah dari sana, para wisatawan akan diarahkan menuju Mataram.

"Ternyata jumlah wisatawan dari 3 Gili lebih dari 1000 jiwa, melebihi data sebelumnya. Sekarang sudah dievakuasi 2000 sampai 2700," jelas Sutopo. 

Sutopo menambahkan terjadinya ledakan permintaan evakuasi dari tiga pulau tersebut bukan semata hanya dari wisatawan melainkan karyawan resort dan hotel yang berasa di sana juga ingin keluar. Hal itu disebabkan karena ada info mengenai gempa dan tsunami yang berhembus kencang.

"Itu info yang salah, itu adalah hoax. Gempa tidak bisa diprediksi dan kita melihat gempa 7 Skala Richter adalah gempa utama atau mindshock, rangkaian gempa sebelumnya.

Terus terjadi 2500an kejadian gempa kecil-kecil, kemudian terjadi gempa 7 Skala Richter kemarin. Kemudian ada gempa susulan tapi intensitas kecil. Tiga pulau ini aman dari gempa dan tsunami. Tapi mereka ingin pulang keluar dari pulau jadi pemerintah evakuasi bukan paksaan," tandas Sutopo.

Dijelaskan Sutopo, dalam masa tanggap darurat ini ada 18 penerbangan ditambah. Dirinya juga menyebut Bandara Internasional Lombok dibuka selama 24 jam.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: