Jelang Iduladha, Ditemukan Sapi Terjangkit Penyakit Brucellosis di Parepare

TrubusNews
Syahroni
06 Agu 2018   20:15 WIB

Komentar
Jelang Iduladha, Ditemukan Sapi Terjangkit Penyakit Brucellosis di Parepare

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Jelang Iduladha, pemerintah terus memperketat peredaran hewan kurban di berbagai wilayah. Di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, hal yang sama juga dilakukan pemerintah setempat.

Pemerintah Kota Parepare hingga saat ini masih melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban di wilayahnya. hasilnya, ditemukan daging sapi sakit di pasaran jelang Iduladha 1439 Hijriah.

Baca Lainnya : Mau Beli Hewan Kurban? Hindari Sapi yang Bulunya Berdiri

Belakangan diketahui, daging dari sapi sakit ini berasal dari sapi kurban yang ditemukan menderita penyakit brucellosis. Penyakit ini ditemukan berasal dari kawanan sapi yang akan dikirim ke Kalimantan untuk dijadikan hewan kurban.

"Dari hampir 1000 yang dikirim minggu lalu, ada ditemukan dan dagingnya dijual ke pedagang di Parepare," terang Kasubsi Pelayanan Operasional Stasiun Karantina Pertanian Parepare, Drh Ahmad Nadif, Senin (6/8).

Baca Lainnya : Mendekati Iduladha, Polres Ngawi Bongkar Sindikat Penggelonggongan Sapi

Ahmad menuturkan, daging dari sapi yang menderita brucellosis ini tetap aman dikonsumsi. Namun yang terpenting, isi perut sapi yang terkena penyakit ini tidak boleh dikonsumsi dan harus dibuang.

"Sapi yang menderita penyakit brucellosis ini rawan menular ke sesama sapi, makanya jika ada ditemukan langsung dipotong dan dagingnya dijual,"tambahnya. [RN]


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: