Gempa 7,0 SR Lombok, Pengaruhi Aktivitas Gunung Agung dan Rinjani?

TrubusNews
Ihsan Maulana
06 Agu 2018   14:10 WIB

Komentar
Gempa 7,0 SR Lombok, Pengaruhi Aktivitas Gunung Agung dan Rinjani?

Ilustrasi (Foto : Pixabay/ tumisu)

Trubus.id -- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menegaskan, aktivitas dari dua gunung berapi aktif yakni Gunung Agung di Bali dan Gunung Rinjani masih normal. Walaupun semalam, gempa berkekuatan 7.0 SR mengguncang kawasan Lombok dan Bali.

"Dari pemantauan teman-teman di sana, dua gunung api (Rinjani dan Agung), tercatat tidak ada kenaikan aktivitas ya," ungkap Kepala PVMBG, Kasbani, Senin (6/8).

Baca Lainnya : Penjelasan BMKG Soal Potensi Tsunami Akibat Gempa Lombok 7 SR

Ia menjelaskan, gempa yang terjadi di Lombok kemarin, disebabkan oleh sesar-sesar di lereng Utara Gunung Rinjani dengan titik pusat berada di daratan. Akibatnya, gempa menyebabkan, sampai saat ini 91 orang meninggal dunia, dan ribuan bangunan rusak.

Gempa tersebut juga disebut Kasbani membuat pos pengamatan di dekat Gunung Rinjani dan Gunung Agung rusak, dengan dinding bangunan mengalami keretakan.

"Walau begitu, alat pemantauan kami masih dalam kondisi berjalan dengan baik. Hanya posisinya saja berubah," sambungnya.

Baca Lainnya : Pascagempa Utama 7 SR, Terjadi 124 Gempa Susulan

Untuk itu, tim PVMBG tengah berupaya untuk memperbaiki posisi dua alat yang mengalami pergeseran posisi, sehingga proses pengamatan aktivitas Gunung Rinjani dan Gunung Agung bisa berjalan dengan lancar.

"Tidak ada rencana penggantian ya, karena alat masih berfungsi. Cuman penempatannya kembali," tutupnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: