Jokowi Tunjuk Menko Polhukam Pimpin Penanganan Gempa Lombok

TrubusNews
Astri Sofyanti
06 Agu 2018   14:15 WIB

Komentar
Jokowi Tunjuk Menko Polhukam Pimpin Penanganan Gempa Lombok

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan langsung kepada jajarannya, terutama Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto untuk berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait menangani dampak gempa yang terjadi di Lombok, Minggu (5/8) kemarin.

"Tadi malam saya sudah memerintahkan ke Menkopolhukam untuk koordinasi seluruh jajaran terkait dengan ini, baik TNI, Polri, Pemda NTB dan lain-lain agar penanganan gempa bisa dilakukan secepat-cepatnya," kata Jokowi di Jakarta, Senin (6/8).

Penanganan yang dimaksud presiden meliputi, evakuasi korban meninggal dan luka-luka, hingga penanganan serta pendistribusian logistik untuk para korban di Lombok. Bahkan secara langsung, Jokowi bahkan memastikan bantuan logistik sudah dikirimkan segera sesaat setelah bencana gempa dahsyat itu terjadi.

Baca Lainnya : Penanganan 20 Ribu Pengungsi Gempa bumi di Lombok Terkendala Air Bersih

"Soal logistik tadi malam sudah meluncur termasuk tim dokter sudah diberangkatkan menggunakan tiga pesawat Hercules menuju Lombok, NTB," tambahnya.

Sementara itu, Wiranto sendiri mengaku sudah mendapat instruksi dari Presiden Jokowi untuk langsung memimpin reaksi tanggap cepat bencana.

"Saat ini Gubernur NTB dan Kepala BNPB sudah berada di lokasi, mereka terus melaporkan kondisi. Saya juga melakukan komunikasi dengn berbagai pihak untuk mengatasi dan mengambil tindakan cepat penanganan korban dan dampak bencana," ucap Wiranto.

Menurutnya, saat ini warga sangat membutuhkan air bersih. Masih banyak warga bertahan di luar ruangan seperti halaman dan lapangan sebagai pengungsi mandiri sambil menunggu penanganan petugas lebih lanjut untuk mendapatkan bantuan logistik.

Baca Lainnya : Langkah Presiden Jokowi Tangani Gempa 7 SR di Lombok

Wiranto juga akan terus memastikan bantuan seperti tenda, makanan dan obat-obatan sudah mulai berdatangan dan langsung disalurkan ke lokasi yang membutuhkan.

"Saya berkoordinasi dengan banyak pihak. Saat ini pesawat Hercules TNI AU sudah dalam perjalanan dengan membawa 100 personil dan empat ton bantuan berupa tenda, makanan, obat-obatan, dan lain lain. Komunikasi di lokasi juga agak sulit, Kominfo wajib segera bantu atasi," paparnya lagi.

Selain itu, Wiranto juga mengatakan kapal rumah sakit juga tengah dalam perjalanan dan diperkirakan dua hari sampai di Lombok. Menurutnya, kerjasama penanggulangan bencana berjalan cepat sehingga semua terkoordinasi dengan baik.

 Wiranto saat ini masih berada di Mataram dan mengaku masih merasakan gempa susulan yang masih terus terjadi. Ia juga memastikan siang nanti akan bergerak ke lokasi bencana.

Baca Lainnya : Mensos Instruksikan Seluruh Tagana Bantu Korban Gempa Lombok

Kepala Pusat Data dan Informasi Hubungan Masyarakat (Humas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menambahkan, BNPB akan terus mendampingi penanganan hingga pendistribusian logistik kepada korban bencana gempa bumi Lombok.

Berdasarkan informasi yang dikeluarkan BNPB, TIM SAR Gabungan terus menyisir daerah-daerah terdampak gempa untuk melakukan evakuasi, penyelamatan dan pertolongan kepada korban gempa 7 SR di Pulau Lombok, NTB.

“Data sementara sampai Senin (6/8) pukul 10.00 WIB, tercatat 91 orang meninggal dunia, 209 orang luka-luka, ribuan jiwa masyarakat mengungsi dan ribuan rumah rusak. Diperkirakan jumlah korban dan kerusakan akibat dampak gempa akan terus bertambah. Pendataan masih terus dilakukan oleh aparat,” ungkap Sutopo. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Masalah Subsidi Pupuk, Begini Solusi Pakar IPB

Peristiwa   19 Jan 2021 - 08:37 WIB
Bagikan:          
Bagikan: