Gawat, 116.216 Jiwa Kekurangan Air di Gunungkidul

TrubusNews
Ihsan Maulana
06 Agu 2018   06:30 WIB

Komentar
Gawat,  116.216 Jiwa Kekurangan Air di Gunungkidul

Ilustrasi (Foto : Pixabay/ anaterate)

Trubus.id -- Warga yang terdampak kekeringan di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bertambah. Apabila awalnya terdapat 96.523 jiwa di 54 desa atau di 11 kecamatan yang terdampak kekeringan, saat ini jumlahnya bertambah menjadi 116.216 jiwa.

"Sekarang jumlah yang terdampak kekeringan 116.216 jiwa, ini memang bertambah," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Edy Basuki ketika dihubungi wartawan, Minggu (5/8).

Ia merinci, ke-11 kecamatan yang terdampak kekeringan yakni berada di Kecamatan Girisubo, Nglipar, Paliyan, Panggang, Purwosari, Rongkop, Tanjungsari, Tepus, Ngawen, Ponjong, dan Gedangsari. 

Sementara itu, meski jumlah warga yang terdampak kekeringan makin bertambah, BPBD setempat belum menetapkan status tanggap darurat. Hal ini dikarenakan jumlah anggaran droping air bersih di BPBD Gunungkidul masih cukup banyak. 

Baca Lainnya : BMKG Prediksi Titik-titik Rawan Kekeringan Ekstrem di DIY, Berikut Daftarnya...

"Anggaran BPBD Gunungkidul untuk droping air tahun ini baru terpakai sekitar Rp 250 juta, dari total anggaran sekitar Rp 600 an juta," ungkapnya.

Dalam mengatasi kekeringan di Gunungkidul, pihaknya hampir setiap hari melakukan droping air bersih, dengan menggunakan 6 tangki. BPBD setempat mampu menyalurkan 24 tangki atau sekitar 5 ribu liter air bersih per harinya. 

Baca Lainnya : 12.419 Warga Cilacap Alami Krisis Air dan Kekeringan

Di sisi lain, Camat Nglipar, Witanto mengaku, akibat kesulitan air bersih, kini sejumlah warganya terpaksa harus membeli air ke pihak swasta. Mereka rata-rata harus “merogoh kocek” Rp125 ribu - Rp150 ribu untuk membeli air bersih per tangki.

"Makanya untuk mengatasi kekeringan, kami telah mengajukan permohonan ke provinsi terkait pembangunan sumur bor, tandasnya. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: