Hewan Kurban 13 Kecamatan di Kota Surabaya Diperiksa, Apa Hasilnya?

TrubusNews
Ihsan Maulana
05 Agu 2018   20:00 WIB

Komentar
Hewan Kurban 13 Kecamatan di Kota Surabaya Diperiksa, Apa Hasilnya?

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, hari ini memulai rangkaian pemeriksaan kesehatan hewan kurban pada 13 kecamatan seiring dengan H-14 perayaan Hari Raya Idul Adha.
     
Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, Joestamadji menjelaskan, pihaknya juga akan memeriksa terhadap asal hewan dan para pedagangnya. 
     
"Pengawasan ini kami lakukan untuk menjaga agar hewan yang dipotong sehat dan daging yang dikonsumsi masyarakat dalam kondisi baik," ujarnya di Surabaya, Minggu (5/8).

Baca Lainnya : Iduladha 2018,  Kementan Prediksi Kebutuhan Hewan Kurban Capai 1,5 Juta Ekor
     
Ia menambahkan, dalam kegiatan pemeriksaan hewan kurban tahun ini, DKPP Kota Surabaya menggandeng beberapa instansi terkait seperti Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga, Persatuan Dokter Hewan Indonesia, hingga Universitas Wijaya Kusuma.
     
Dalam pengawasan hewan kurban sejauh ini, petugas belum menemukan penyakit yang membahayakan. Penyakit yang ditemukan saat pemeriksaan hewan kurban yakni diare, cacat berupa tanduk yang patah, kaki keseleo dan lainya.

Di tahun sebelumnya, sebanyak 3.000 hewan ternak diperiksa dengan jumlah petugas sekitar 80 orang yang dilakukan di 31 kecamatan.

Baca Lainnya : Mendekati Iduladha, Polres Ngawi Bongkar Sindikat Penggelonggongan Sapi
     
Joestamadji mengungkapkan, sebelum melakukan pemeriksaan hewan, pihaknya bersama PD Rumah Potong Hewan, telah menyelenggarakan pelatihan pemotongan hewan kurban di Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Unair beberapa hari lalu. 
     
”Pelatihan diikuti sebanyak 250 takmir masjid di seluruh Kota Surabaya. Sedangkan, Selasa depan pelatihan digelar di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dengan jumlah peserta 120 orang," sambungnya.
     
Materi pelatihannya meliputi cara memilih hewan yang memenuhi syariat Islam, tata cara penyembelihan, penanganan dagingnya dan lainnya. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

KKP Hentikan Sementara SPWP Ekspor Benih Bening Lobster

Peristiwa   26 Nov 2020 - 17:29 WIB
Bagikan:          
Bagikan: