Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, China Lakukan Revolusi Toilet

TrubusNews
Binsar Marulitua
04 Agu 2018   16:00 WIB

Komentar
Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, China Lakukan Revolusi Toilet

Toilet (Foto : Xinhua)

Trubus.id -- Otoritas Pemerintah China mengumumkan akan melaksanakan program Revolusi Toilet sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup warga dan mendongkrak jumlah wisatawan . Negeri Tirai Bambu tersebut mengeluarkan pedoman mengenai toilet restoran  di 5.000 rumah makan mulai dari Beijing. 

Pedoman tersebut dikeluarkan badan makanan dan obat pemerintah kota mencakup lebih dari 40 peraturan menyangkut lingkungan, kemudahan, kebersihan, dan pembasmian kuman. Pegawai restoran diharuskan memeriksa kebersihan setiap jam dan setiap 15 menit pada jam makan.

"Upaya untuk mengubah toilet-toilet umum di China menjadi lebih "ramah wisatawan". Masalah toilet bukan masalah sepele dan membersihkan toilet merupakan sebuah cara untuk menciptakan sebuah lingkungan pedesaan dan kota yang "beradab"," jelas Presiden Xi Jinping

Baca Lainnya: China Targetkan Pertanian Bebas Bahan Kimia Tahun 2020

Pembasmian kuman harus dilakukan di semua toilet setidak-tidaknya satu kali sehari. Sementara di sarana lain, seperti keran air, wastafel, pegangan, pengering tangan, serta lubang udara, pembasmian kuman harus dilakukan setidak-tidaknya empat kali sehari.

Berdasarkan atas pedoman tersebut, restoran dilarang memasang tanda yang disesuaikan dengan keinginan sendiri, yang sulit dikenali, pada toilet. Toilet restoran harus memiliki sekat, kaca, dan kertas penutup tempat duduk toilet, yang mudah dibuang.

Baca Lainnya: China Larang Warga Pengemplang Utang Traveling dan Bergaya Hidup Mewah

"Pedoman itu menandai dimulainya 'revolusi toilet' di restoran-restoran Beijing," kata Duan Zhiyong, seorang pejabat pemerintah.

Pada 2015, Cina meluncurkan revolusi toilet di seluruh negeri untuk membuat toilet-toilet umum lebih bersih dan sesuai aturan. Para pemimpin Cina meminta agar upaya ditingkatkan untuk meningkatkan kondisi toilet-toilet di negara itu.

Menurut Duan, pedoman tersebut akan diterapkan di bidang layanan makanan umum Beijing. Sebanyak 5.000 restoran diperkirakan akan meningkatkan kebersihan toilet dan layanan mereka pada akhir tahun ini.[KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: