Krisis Pangan Akibat Gagal Panen,  Mensos Akan Tinjau Maluku

TrubusNews
Binsar Marulitua
04 Agu 2018   12:00 WIB

Komentar
Krisis Pangan Akibat Gagal Panen,  Mensos Akan Tinjau Maluku

Krisis Pangan Akibat Gagal Panel,  Mensos Akan Tinjau Maluku (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menteri Sosial Idrus Marham berjanji dalam waktu dekat akan meninjau krisis pangan yang terjadi pada warga Suku Mausu Ane Negeri Maneo Rendah di Kabupaten Maluku Tengah.

"Dalam waktu singkat kita jadwalkan berkunjung ke sana untuk memberi santunan kepada ahli waris korban meninggal sekaligus melihat langsung kondisi mereka," kata Mensos di Jakarta, Jumat (3/8).

Krisis pangan akibat kebun warga Mausu Ane yang gagal panen karena dirusak hama babi dan tikus ini menimbulkan korban jiwa, terdata empat orang meninggal dunia.

Mensos mengatakan, sebagai langkah awal penanganan tanggap darurat krisis pangan di pedalaman tersebut, tim Kementerian Sosial sudah diturunkan dan membawa bantuan tahap awal.

Baca Lainnya: Dinsos Maluku Usulkan Suku Mausu Ane Dapat Rumah Singgah di Desa Morokay, Kenapa?

Bantuan tersebut berupa satu ton beras, 190 lembar matras, 270 lembar selimut, 35 paket mainan untuk anak-anak, 60 paket untuk lansia, 45 paket perlengkapan bayi, 90 paket lauk pauk, peralatan dan perlengkapan memasak (panci, wajan, piring, gelas), 45 unit tenda gulung.

Selain itu Kemensos juga menerjunkan tim untuk mengidentifikasi warga yang sakit, mendata keluarga korban meninggal, menyusun kronologi kejadian, menyalurkan bantuan logistik, serta mengidentifikasi kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang mereka.

Untuk sampai ke lokasi Warga Suku Mausu Ane menetap tidak mudah, tim Kemensos berjumlah tujuh orang terdiri dari beberapa unit kerja yakni Komunitas Adat Terpencil (KAT), Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial, dan Pusat Penyuluhan Sosial harus melalui medan yang berat.

Baca Lainnya: Mensos Belum Putuskan Relokasi Suku Mausu Ane di Maluku yang Kelaparan

Tim bergerak dari Posko Terpadu Penanganan Wabah Kelaparan di Desa Morokai menuju titik kumpul sementara warga Maneo.

Desa Morokai merupakan desa terdekat dengan lokasi pemukiman warga Negeri Maneo Rendah. Posko Terpadu yang didirikan di desa itu merupakan pusat koordinasi lintas sektor sekaligus titik menurunkan berbagai bantuan untuk disalurkan ke warga Maneo.

Dari Desa Morokai menuju ke titik kumpul memerlukan waktu tempuh tiga jam perjalanan menggunakan kendaraan roda empat.

Dari titik kumpul menuju ke Pemukiman warga Negeri Maneo Rendah memerlukan waktu tempuh dua hari satu malam yang ditempuh dengan berjalan kaki.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Evakuasi 188 WNI Kru Kapal World Dream Dilakukan Hari Ini

Peristiwa   26 Feb 2020 - 10:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan: