Dihantam Arus Deras, KMP Liputan XII Kandas di Selat Bali

TrubusNews
Syahroni
03 Agu 2018   19:15 WIB

Komentar
Dihantam Arus Deras, KMP Liputan XII Kandas di Selat Bali

Tim SAR mengevakuasi penumpang KMP Liputan XII, Jumat (3/8) dinihari. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Belum lama ini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di beberapa peraian di Indonesia. Peringatan ini berlaku sejak tanggal 2 hingga 5 Agustus 2018. 

Terdapat pola tekanan tinggi di perairan barat Australia yang memicu terjadinya peningkatan kecepatan angin timuran mencapai 55 KM Perjam. Hal itu disampaikan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Ketut Gede Ardana menyusul insiden kandasnya Kapal Muatan Penumpang (KMP) Liputan XII, Jumat (3/8) dinihari.

Baca Lainnya : Kapal Motor Berpenumpang 50 Orang Terbalik di Perairan Laut Buru

Dalam insiden tersebut, sebanyak 25 penumpang KMP Liputan XII berhasil dievakuasi usai kapal yang mereka tumpangi kandas di Perairan Selat Bali. Ardana menyebut, kapal dengan rute Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur menuju Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali tersebut kandas di posisi 300 KM dari LCM Pelabuhan Gilimanuk akibat arus deras di selat Bali.

"Akibat pengaruh alam ini, selat bali termasuk menjadi wilayah yang berpeluang terjadi gelombang tinggi 4 hingga 6 meter," ucapnya, Jumat (3/8) sore.

Ardana menjelaskan, pihaknya menerima laporan kandasnya kapal tersebut sekitar pukul 01.00 WITA, yakni satu jam setelah kejadian. Selanjutnya, permintaan bantuan evakuasi segera ditindaklanjuti dengan menggerakkan personel siaga SAR Pelabuhan Gilimanuk menggunakan Rigit Inflatable Boat (RIB).

Baca Lainnya : Kecelakaan Kapal Lagi, KM Lestari Maju Tenggelam di Perairan Selayar

Akhirnya, pada pukul 02.40 WITA, tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 23 orang penumpang dan selanjutnya 2 penumpang lainnya telah dievakuasi sekitar pukul 05.15 WITA.

"Tadi kami kerahkan 11 personel dan bersama-sama dengan potensi SAR lainnya untuk memberikan pertolongan, seluruh penumpang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat dan kondisinya baik," tutup Ardana. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Presiden Jokowi Siapkan Labuan Bajo untuk Pertemuan G20

Peristiwa   20 Jan 2020 - 17:21 WIB
Bagikan:          
Bagikan: