Dieng Culture Festival Jadi Ajang UMKM Lokal Unjuk Gigi

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
03 Agu 2018   11:00

Komentar
Dieng Culture Festival Jadi Ajang UMKM Lokal Unjuk Gigi

Dieng Culture Festival Jadi Ajang UMKM Lokal Unjuk Gigi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah menyatakan, pagelaran Dieng Culture Festival yang sudah dilaksanakan kesembilan kali ini bisa menjadi ajang usaha mikro kecil menengah (umkm) unjuk gigi,  serta mempertemukan pelaku kreatif wisata se-Indonesia.

"Dieng Culture Festival bukan hanya mengenalkan potensi wisata dataran tinggi Dieng, melainkan juga sebagai ajang pertemuan pelaku kreatif," ungkap Kepala Bidang Pemasaran Disporapar Jateng, Ida Bagus Ketut Alamsyah di Semarang, kepada wartawan baru-baru ini.

Baca Lainnya: Perusahaan Start-Up Beri Pelatihan Gratis Bagi 1.500 UMKM

Sementara itu, kawasan dataran tinggi Dieng memiliki segudang warisan kebudayaan yang bernilai tinggi. Misalnya sejumlah peninggalan sejarah berupa ragam candi dan artefak yang menunjukkan pusat kebudayaan pada perabadan masa lalu di kawasan tersebut.

Dieng Culture Festival, disebut Alamsyah, sudah masuk dalam 100 agenda tahunan yang ada di Indonesia, dengan diramaikan beragam agenda, seperti Aksi Dieng Bersih, festival caping dan bunga, serta pameran UMKM.

Baca Lainnya: Kabar Baik, Kementerian BUMN Target Bina 800 Ribu UMKM Tahun Ini

"Tentu ini merupakan kesempatan mempertemukan para pelaku ekonomi usaha kecil pedesaan di sekitar dataran tinggi Dieng, dan mempromosikan beragam produk UMKM yang diinisiasi masyarakat sekitar kawasan wisata itu," pungkasnya.

Ia menambahkan, Dieng Culture Festival ke-9 ini, diawali dengan Festival Jazz Atas Awan, dan festival kembang api yang digelar hari ini. Lalu dibuka langsung oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo pada Sabtu, (4/8).

"Pembukaan Dieng Culture Festival 9 pada (4/8), akan dimeriahkan dengan festival tumpeng, kirab budaya, dan sendratari rambut gimbal, Senandung Negeri Atas Awan, serta festival lampion," tuturnya.[KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: