122 BUMDes di Rejang Lebong Bengkulu, Setengahnya Mati Suri

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
03 Agu 2018   09:36

Komentar
122 BUMDes di Rejang Lebong Bengkulu, Setengahnya Mati Suri

Ratusan BUMDes di Rejang Lebong Bengkulu Mati Suri (Foto : Ilustrasi, Pixabay/haalkab)

Trubus.id -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mencatata, saat ini sejumlah 50 persen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di daerah tersebut sudah tidak aktif. Hal ini tentu menjadi kontradiksi, ketika pemerintah pusat khususnya Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tengah menggencarkan program BUMDes di berbagai daerah.

Kepala PMD Rejang Lebong, Gunawan Firmansyah menyebutkan, dari 122 desa di Rejang Lebong, diketahui hanya sebagian yang bisa menjalankan usahanya, dan sebagian lagi tidak berjalan.

"Memang BUMDes itu sudah terbentuk di 122 desa di Kabupaten Rejang Lebong ya, namun dari jumlah itu yang aktif menjalankan usahanya hanya setengah saja," ungkapnya kepada wartawan, baru-baru ini.

Baca Lainnya: Yuk Kenal Lebih Dekat Perbedaan BUMN, BUMD dan BUMDes

Ia menambahkan, BUMDes di wilayah itu, mayoritas bergerak dalam sektor penyewaan kursi, tenda, hingga tarup untuk hajatan. Sementara yang lainnya, bergerak di bidang pengolahan makanan rumahan, seperti produksi gula semut, kopi bubuk hingga pengembangan wisata.

Gunawan meyoroti, usaha penyewaan tenda dirasa tidak efektif karena bersifat menunggu, apalagi setiap desa sudah memiliki usaha serupa, ditambah usaha yang dibuka oleh masyarakat.

Baca Lainnya: Ingin Tingkatkan Perekonomian Desa, Bentuklah BUMDes

"Sehingga BUMDes seperti ini kami nilai tidak efektif, dan telah kami sarankan agar dihentikan dulu karena keuntungannya tidak maksimal," imbuhnya.

Di sisi lain, pihaknya berencana mengajak seluruh kepala desa dan perangkat desa, untuk mengadakan studi banding ke desa-desa yang dianggap telah berhasil mengembangkan BUMDes baik di Jawa maupun wilayah lain. Dengan harapan, mereka bisa menerapkannya di Kabupaten Rejang Lebong.

Foto:

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: