Siak Punya Taman Teknologi Pertanian Pertama di Indonesia

TrubusNews
Astri Sofyanti
03 Agu 2018   09:08 WIB

Komentar
Siak Punya Taman Teknologi Pertanian Pertama di Indonesia

Siak Punya Taman Teknologi Pertanian Pertama di Indonesia (Foto : Istimews)

Trubus.id -- Provinsi Riau saat ini memiliki taman teknologi pertanian (TTP) yang berada di Kampung Muara Kelantan, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak. Bahkan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Riau, Nana Sutrisna, telah meresmikan TTP tersebut.

"Dengan dilakukannya grand launching ini artinya TTP sudah siap untuk diserahkan ke pemerintah Kabupaten Siak. Namun BPTP akan terus melakukan pendampingan guna memantau perkembangannya," kata Nana di Riau, Jumat (3/8).

Sebagai infrormasi TTP merupakan sarana untuk melakukan pelatihan, pemagangan, pusat diseminasi teknologi, serta advokasi pusat bisnis masyarakat di bidang pertanian dengan pendampingan dari dinas pertanian dan BPTP Riau.

"Kegiatan grand launching ini untuk memperkenalkan TTP pada masyarakat dan stakeholder yang sekaligus menyerahkannya ke pemerintah kabupaten Siak sebagai rekan dua tahun pembangunan yang sudah dimulai sejak Agustus 2016 lalu," tambahnya lagi.

Sebagaimana diketahui, TTP Siak sudah memiliki berbagai kegiatan dengan petani, diantaranya berupa pelatihan pembenihan padi, pasca panen, pembenihan bawang, serta pasca panen, inkubasi, dan lainnya. Serta adanya kerjasama dengan Universitas Riau dan UIN Sultan Syarif Kasim.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan yakni pembenihan padi, pembenihan hortikultura seperti bawang merah diatas lahan seluas 0,5 hektare. Penanaman buah-buahan yang dilaksanakan di lahan seluas empat Ha dengan berbagai jenis buah tropis, serta pembibitan itik.

Selain itu, BPTP juga mengintroduksikan teknologi integrasi antara padi, itik dan ikan atau disebut dengan binapadi.

Untuk itu, pihaknya menilai cara ini memiliki banyak keuntungan yang nantinya bisa dirasakan oleh petani khususnya yang berada di Kecamatan Sungai Mandau.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: