Mau Beli Hewan Kurban? Hindari Sapi yang Bulunya Berdiri

TrubusNews
Syahroni
03 Agu 2018   06:30 WIB

Komentar
Mau Beli Hewan Kurban? Hindari Sapi yang Bulunya Berdiri

Sapi cacingan terlihat kurus dan bulunya berdiri. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Jelang Hari raya Iduladha, permintaan sapi terus bertambah. Karena itu, untuk mengantisipasi beredarnya sapi yang tidak layak sembelih, pemerintah daerah terus berupaya melakukan pemeriksaan ke penjual hewan kurban yang ada di wilayah mereka.

Di Kabupaten Belitung, hal yang sama juga dilakukan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian setempat. Petugas yang didampingi dokter hewan melakukan pemeriksaan kurban di penjual hewan kurban beberapa hari belakangan. 

Baca Lainnya : Mendekati Iduladha, Polres Ngawi Bongkar Sindikat Penggelonggongan Sapi

Dalam kesempatan itu, Dokter Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Riona Desti juga sempat memberikan kiat pemilihan sapi yang sehat. Apalagi untuk berkurban, tentunya sapi terbaik yang diinginkan pembeli.

"Kondisi kesehatan sapi sebenarnya bisa dilihat secara fisik," katanya belum lama ini.

Pertama, Riona menerangkan, sapi sehat tentunya memiliki tubuh yang sempurna dan tidak cacat. Kemudian secara fisik, sapi memiliki mata cerah dan hidung yang basah. Pastikan pula tidak ada air yang keluar dari telinga dan bulu sapi pun mengkilap.

Baca Lainnya : Lapak Pedagang Hewan Kurban di Jogja, Akan Dipasangi Stiker Kelayakan

"Kalau bulu sapi berdiri, itu dapat diindikasikan mengalami cacingan," tambah Riona.

Ia menganjurkan pula bagi pembeli memilih sapi yang sudah diperiksa kesehatannya oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian. Sapi dalam kondisi sehat ditandai dengan pita berwarna biru di leher sapi yang menandakan sapi dalam keadaan sehat. [RN]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: