Lapak Pedagang Hewan Kurban di Jogja, Akan Dipasangi Stiker Kelayakan

TrubusNews
Astri Sofyanti
02 Agu 2018   21:15 WIB

Komentar
Lapak Pedagang Hewan Kurban di Jogja, Akan Dipasangi Stiker Kelayakan

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dinas Pertanian dan Pangan Yogyakarta meminta agar para pedagang hewan kurban untuk selalu memperhatikan kebersihan tempat berjualan yang mayoritas berada di pinggi-pinggir jalan.

“Pedagang hewan kurban sebagai pedagang musiman ini kebanyakan memanfaatkan lahan kosong atau berjualan di trotoar pinggir jalan, maka kebersihan tempat berjualan menjadi sangat penting agar tidak mengotori lingkungan sekitarnya,” tutur Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Sugeng Darmanto di Yogyakarta, Kamis (2/8).

Baca Lainnya : Seluruh Hewan Kurban di Jogja Dijamin Bebas Penyakit

Untuk itu, pihaknya meminta pedagang agar selalu menjaga tempat. Tak hanya menjaga kebersihan tempat berjualan saja, ia juga meminta para pedagang bisa mengelola limbah yang dihasilkan termasuk menjaga kebersihan pakan yang diberikan ke hewan kurban.

Hal ini karena kebanyakan pedagang hewan kurban, lanjut Sugeng, malas membersihkan tempat berjualan sehingga menyebabkan lokasi menjadi becek dan mengganggu warga yang tinggal di sekitarnya.

Oleh sebab itu, pihaknya menyarankan hewan kurban musiman ini meminta izin ke kecamatan sekitar sebagai tempat berjualan.

"Pengurusan izin PKL ada di kecamatan. Harapannya, pedagang bisa meminta izin terlebih dulu sebelum berjualan," papar Sugeng.

Baca Lainnya : Ratusan Mahasiswa Kedokteran Cek Kondisi Hewan Kurban di Jogja

Selain menjaga tempat berjualan selalu bersih, Sugeng juga meminta pedagang hewan kurban untuk memberikan atap agar sapi maupun kambing yang dijual tidak kepanasan atau kehujanan. Ia juga mengingatkan pedagang untuk memberikan batas tempat berjualan terutama pedagang yang berjualan di tepi jalan.

"Kami juga akan menerjunkan tim untuk pemantauan di lapangan mulai pekan depan. Tempat berjualan yang dinyatakan layak akan diberi stiker, begitu juga dengan hewan yang layak kurban," tutupnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

KKP Hentikan Sementara SPWP Ekspor Benih Bening Lobster

Peristiwa   26 Nov 2020 - 17:29 WIB
Bagikan:          
Bagikan: