Waspada, Jelang Iduladha Ditemukan Kambing Gelonggongan

TrubusNews
Astri Sofyanti
02 Agu 2018   11:00 WIB

Komentar
Waspada, Jelang Iduladha Ditemukan Kambing Gelonggongan

Waspada, Jelang Idul Adha Ditemukan Kambing Gelonggongan (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Mendekati Hari Raya Iduladha 1439 Hijriah yang jatuh sebentar lagi, petugas Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Madiun, Jawa Timur terus memeriksa kesehatan hewan kurban yang nantinya sebagai kebutuhan masyatakat.

Tapi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Madiun menemukan kambing gelonggongan di salah satu penjual hewan kurban di Kota Madiun.

Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun Cahyarini Budiarti mengatakan, diduga hewan ternak ini digelonggong di daerah asalnya sebelum diterima sang penjual.

"Selain beberapa ternak alami sakit iritasi mata, kami juga temukan ada indikasi kambing digelonggong oleh peternak lama sebelum suplai ke Kota Madiun. Itu dilakukan agar terlihat gemuk," ucap Cahyarini di Madiun, Kamis (2/8).

Lebih lanjut pihaknya mengatakan, dugaan praktik gelonggongan tersebut terlihat dari kondisi tubuh kambing yang cenderung kurus. Hal ini terjadi kemungkinan karena kambing terlalu banyak minum air sehigga masuk paru-paru.

Berdasarkan temuan ini, pihaknya menegaskan, kambing sebaiknya tidak boleh dijual karena tidak layak untuk dikonsumsi.

"Selain tidak layak kosumsi, kondisi ternak yang digelonggong juga tidak layak untuk digunakan sebagai hewan kurban," paparnya lagi.

Pedagang hewan kurban, Khoiri mengaku dirinya tak tahu jika kambingnya masuk kategori digelonggong.

"Ternak-ternak tersebut didatangkan dari Lumajang dan Malang. Ternyata, dalam pertumbuhannya, ada yang sehat dan ada yang sakit-sakitan. Tapi ada juga yang didatangkan dari Kabupaten Madiun," ucap Cahyarini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kambing yang diindikasikan gelonggongan tersebut hasil penggemukan sejak tiga bulan lalu. Atas temuan itu, ia berjanji tidak akan menjual kambing tersebut untuk kurban.

Untuk itu, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun akan lebih intensif lagi melakukan pemantauan kesehatan hewan kurban hingga mendekati Iduladha. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Tiga Desa di Kota Batu Terdampak Angin Kencang

Peristiwa   17 Nov 2019 - 17:06 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: